Comscore Tracker

Lega, Stok Oksigen untuk Kebutuhan Pasien COVID-19 di PPU Aman

Pasien dengan status positif aktif capai 638 orang

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim)  dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, stok oksigen bagi pasien COVID-19 setempat masih aman. 

“Posisi stok oksigen atau O2 kita aman masih sangat tersedia untuk memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 khususnya yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU,” ujar Grace kepada IDN Times, Selasa (27/7/2021). 

1. Jaga ketersedian stok oksigen tersebut, RSUD PPU ambil sendiri di Balikpapan

Lega, Stok Oksigen untuk Kebutuhan Pasien COVID-19 di PPU AmanSalah satu lorong di RSUD RAPB PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain itu, tambahnya, untuk menjaga ketersediaan stok oksigen tersebut, RSUD PPU tiap hari mengambil sendiri ke perusahaan penyedia oksigen di Kota Balikpapan. Jika oksigen belum di suplai, sehingga stok masih aman meskipun saat ini agak menipis.

“Iya memang saat ini stok kita agak menipis namun RSUD tetap menjaga ketersediaan stok tersebut agar tetap aman. Bahkan mereka mengambil sendiri ke Balikpapan guna menjaga ketersediaan stok O2 itu,” sebutnya.

Baca Juga: Warga Penajam Kecewa, Pemerintah Daerah Dianggap Gagal Atasi COVID-19 

2. Kebutuhan oksigen di puskesmas tidak terlalu banyak karena tidak ada pasien dirawat

Lega, Stok Oksigen untuk Kebutuhan Pasien COVID-19 di PPU AmanPuskesmas Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, tambahnya, untuk kebutuhan oksigen di puskesmas-puskesmas tidak terlalu banyak, karena pasien positif COVID-19 dengan gejala berat semua dirawat di rumah sakit, yang tidak bergejala atau gejala ringan semua laksanakan isolasi mandiri (isoman).  Jadi tidak ada yang dirawat di puskesmas, namun mereka memantau para pasien isoman itu.

“Keperluan oksigen tersebut digunakan untuk pasien non COVID-19 di puskesmas atau, saat merujuk pasien COVID-19 ke RSUD, jadi tidak ada pasien yang dirawat di puskesmas semua di rumah sakit. Puskesmas biasanya meminjam oksigen di rumah sakit jika stok mereka tidak ada namun hanya kebutuhan rujuk dan pasien non COVID-19,” jelas Grace.

3. Update kasus, hari ini kasus positif COVID-19 bertambah 81 orang

Lega, Stok Oksigen untuk Kebutuhan Pasien COVID-19 di PPU AmanInfografis COVID-19 PPU 27 Juli 2021 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Terkait dengan update sementara kasus COVID-19 PPU per hari ini,ungkapnya, hari PPU kasus alami peningkatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yakni berjumlah 81 kasus, lalu ada dua kasus positif meninggal dunia dan 55 kasus pasien positif selesai isolasi atau dinyatakan sembuh. Untuk  kasus suspek tambah 81 kasus.

“Hingga kini total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 secara akumulasi mencapai 2.632 kasus, dengan perincian pasien dengan status positif aktif sejumlah 638, di mana sebanyak 28 orang jalani perawatan di isolasi rumah sakit dan 610 pasien jalani isolasi mandiri. Kemudian  positif meninggal hingga kini telah mencapai 101 orang, sedangkan pasien sembuh ada 1.893 orang. Sedangkan kasus suspek COVID-19 telah mencapai 4.248 kasus,” urainya.  

4. Tiap hari RSUD PPU disuplai 120 hingga 200 tabung oksigen

Lega, Stok Oksigen untuk Kebutuhan Pasien COVID-19 di PPU AmanAntrean tabung oksigen di salah satu tempat pengisian oksigen medis di Kota Yogyakarta (IDN Times/Paulus Risang

Terpisah  Ketua Tim Tanggap COVID-19 RSUD RAPB dr. Alexander Sinaga menuturkan, hingga kini stok oksigen di RSUD PPU masih dalam keadaan aman, yang ada sekarang pun  mampu memenuhi kebutuhan pasien COVID-19.

“Saat ini stok oksigen kita masih tersedia sebanyak 130 tabung dengan isi per tabung mencapai 4.7 liter atau total sebanyak 611 liter per hari ini. Dan setiap hari kami disuplai dari Samator antara 120 hingga 200 tabung oksigen,” pungkasnya.

Baca Juga: Astaga, Hari Ini 114 Warga Penajam Dilaporkan Positif COVID-19 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya