Otorita IKN dan Disnakertrans Kaltim Sepakat Latih Skill Warga Lokal

Agar lebih mandiri dan  memiliki daya saing

Balikpapan, IDN Times - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Kedeputian Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sepakat bekerja sama untuk memberikan pelatihan skill bagi tenaga kerja dari masyarakat lokal.

“Kami dari Otorita IKN bersama Disnakertrans Kaltim telah melakukan pembicaraan dan sepakat untuk menyiapkan tenaga kerja masyarakat lokal di deliniasi IKN agar mampu lebih mandiri dan memiliki daya saing,” kata Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Conrita Ermanto kepada awak media, Jumat (26/7/2024) di Balikpapan.

1. Jajaki kerja sama dengan Disnakertrans Kaltim

Otorita IKN dan Disnakertrans Kaltim Sepakat Latih Skill Warga LokalOtorita IKN Jalin komunikasi dengan Disnakertrans Kaltim terkait pelatihan tenagakerja lokal (IDN Times/Ervan)

Ia mengatakan, sebenarnya Otorita IKN telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang dan Medan termasuk dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Samarinda, namun saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan Disnakertrans Kaltim.

“Komunikasi dengan Disnakertrans yang telah kami jalin itu, akan dilanjutkan pada rencana aksi. Harapannya tenaga kerja warga lokal ini bukan hanya diarahkan sebagai pekerja saja tetapi lebih pada kegiatan dunia usaha mandiri,” sebutnya.

Untuk diketahui, ungkap Ermanto, berdasarkan hasil monitoring calon peserta pelatihan kompetensi kerja data update per 24 Juni 2024, bagi masyarakat lokal di wilayah IKN tahun 2024 tercatat sebanyak 796 peserta. Di mana 418 peserta di antaranya sedang mengikuti pelatihan. 

Baca Juga: Air Minum Mulai Dialirkan ke IKN, Bisa Langsung Minum dari Keran

2. Siapkan program pelatihan bagi masyarakat adat

Otorita IKN dan Disnakertrans Kaltim Sepakat Latih Skill Warga LokalMasyarakat adat IKN di Penajam Paser Utara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ada pun jenis kejuruan pelatihannya, yakni pelatihan teknis bangunan, teknis batik, mekanik listrik, bisnis manajemen, gambar desain, garmen apparel, elektronika, otomotif, pariwisata, pengelasan, teknologi informasi dan komunikasi, security, pertanian dan peternakan.

“Kami juga menyiapkan program pelatihan kriya tradisional, seperti anyaman dan ukiran yang direncanakan untuk peserta dari masyarakat adat lokal,” tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kaltim, Rozani Erawadi pada kesempatan itu menyatakan menyambut baik rencana kerjasama yang segera dilaksanakan oleh Otorita IKN. Mereka mengharapkan adanya acuan program pembangunan IKN yang konkrit untuk menjadi referensi program level provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Kami telah membeberkan bahwa Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN, dapat digunakan sebagai referensi pengembangan tenaga kerja guna menyambut pengembangan enam kluster pembangunan,” urainya.

Bahkan, Disnakertrans juga menyambut baik inisiatif penyusunan Roadmap talenta dan Roadmap pembangunan manusia. Mereka mengharapkan mereka bisa turut terlibat dalam penyusunannya.

3. Konsolidasi data tenaga kerja sangat penting

Otorita IKN dan Disnakertrans Kaltim Sepakat Latih Skill Warga LokalPelatihan membatik bagi warga lokal dan adat yang digagas OIKN dan BPVP Samarinda (IDN Times/Ervan)

Menurutnya, konsolidasi data tenaga kerja antara Otorita IKN dan provinsi Kaltim, dinilai sangat penting sebagai acuan program jangka menengah. Disnakertrans juga mempersilahkan penggunaan UPT Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan untuk pelatihan yang dibutuhkan masyarakat IKN. 

Pelatihan itu yang dilaksanakan, tentu dapat disinkronkan dengan paket pelatihan yang disediakan oleh Disnakertrans Kaltim dan Otorita IKN.

“Kami dari ⁠Direktorat Pemberdayaan Masyarakat akan segera membuat surat kebutuhan jenis pelatihan bagi tenaga kerja di IKN ke Disnakertrans Kaltim,” pungkasnya.

Baca Juga: Tempat Judi Online Beromzet Ratusan Juta di Pontianak Digerebek Polisi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya