Pandemi Virus Corona, Kebutuhan Pokok di Penajam Paser Utara Aman

Pengunjung pasar dihimbau gunakan masker

Penajam. IDN Times -   Menghadapi pandemi virus corona kebutuhan pokok wajib tersedia dalam jumlah cukup untuk menghindari kepanikan masyarakat. Polres Penajam Paser Utara  (PPU) dan seluruh instansi pemerintah di Kabupaten PPU pun berupaya memastikan seluruh kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi selama menghadapi wabah  berbahaya ini.

"Kami dari Polri bersama seluruh instansi pemerintah akan memastikan seluruh kebutuhan pokok terpenuhi untuk masyarakat di PPU," ujar Kapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha disela - sela kegiatan imbauan KamtibmasPencegahan COVID-19 kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Induk Penajam, Senin (30/3).

1. Pedagang maupun masyarakat yang melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok akan ditindak tegas

Pandemi Virus Corona, Kebutuhan Pokok di Penajam Paser Utara AmanKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha ketika berbincang dengan pedagang pasar tradisional (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia menegaskan, apabila ada pedagang maupun masyarakat yang melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok akan ditindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Saya mengimbau, agar pengunjung pasar senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di pasar, sehingga dapat mencegah terkena infeksi penyakit termasuk penyebaran virus corona," ujarnya.

2. Masyarakat tidak perlu panik menghadapi COVID-19

Pandemi Virus Corona, Kebutuhan Pokok di Penajam Paser Utara AmanKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha melakukan pengecekan harga sembako (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Diungkapkannya, masyarakat tidak perlu panik menghadapi virus corona, namun harus tetap berhati-hati dengan senantiasa mematuhi imbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah dan berpergian jika memang ada keperluan yang mendesak saja seperti halnya membeli kebutuhan pokok.

“Saya minta agar masyarakat untuk berdiam diri di rumah, jika terpaksa keluar rumah, maka kita harus menggunakan masker dan senantiasa mencuci tangan sabun atau hand sanitizer,” tukas Kapolres.

3. Polres PPU telah menggelar patroli skala besar

Pandemi Virus Corona, Kebutuhan Pokok di Penajam Paser Utara AmanKapolres Kapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha berkomunikasi dengan pedagang ikan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, tambahnya, selain melaksanakan sosialisasi atau imbauan terkait Kamtibmas serta pencegahan COVID-19, pihaknya juga telah melakukan patroli skala besar dalam rangka sosialisasi Maklumat Kapolri agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

"Kegiatan ini agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. Dalam Patroli tersebut juga dilakukan penyemprotan disinfektan,"  pungkasnya.

Baca Juga: Lagi, Jumlah ODP COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah Jadi 106 Orang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya