Comscore Tracker

Tambah Lima, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Tembus 1.222 Kasus

Angka kesembuh capai 94,5 persen

Penajam, IDN Times - Hari ini sebanyak lima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan selesai isolasi atau sembuh setelah sebelumnya ada yang menjalani isolasi mandiri juga dirawat di rumah sakit.

“Hari ini terdapat lima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan telah selesai isolasi atau sembuh sehingga jumlah keseluruhan pasien sembuh mencapai 1.222 kasus awalnya 1.217 kasus atau 94,5 persen,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19  dr. Jansje Grace Makisurat, kepada IDN Times, Jumat (11/6/2021).

1. Positif sembuh empat telah lakukan isolasi mandiri dan satu dirawat di RS Bhayangkara

Tambah Lima, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Tembus 1.222 KasusIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Dikatakannya, kelima pasien sembuh tersebut berkode PPU 1.266, PPU 1.271, PPU 1.272, PPU 1.275 dan PPU 1.276, dari lima pasien sembuh tersebut hanya satu yang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara.

“Empat pasien sembuh setelan menjalani isolasi mandiri dan hanya PPU 1.276 selama dinyatakan positif menjalani perawatan di RS Bhayangkara Balikpapan, karena pasien itu memiliki komorbid atau penyakit penyerta,” tuturnya

Baca Juga: Suspek COVID-19 di Sepaku Penajam Dilaporkan Meninggal Dunia

2. Tambah satu kasus positif warga asal Kelurahan Sungai Parit, Penajam

Tambah Lima, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Tembus 1.222 KasusIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selain terdapat lima pasien sembuh, lanjutnya, hari ini juga PPU mendapatkan tambahan satu pasien dengan kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien ini berkode PPU 1.292 laki-laki (16) tinggal di Jalan Propinsi Kilometer 9 Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

“Sehingga kini jumlah pasien masih berstatus positif per hari ini mencapai 15 pasien di mana Kamis (10/6/2021) kemarin jumlahnya total sebanyak 19 pasien sehingga terjadi pengurangan kasus sejumlah empat pasien," beber Grace.

Adapun perincian pasien masih berstatus positif tersebut, 13 pasien di antaranya sekarang menjalani isolasi mandiri sedangkan positif dirawat di rumah sakit hanya dua pasien saja, Untuk total kasus konfirmasi positif meninggal tetap berjumlah 55 kasus. 

3. Tambah satu supsek swab negatif dinyatakan meninggal dunia

Tambah Lima, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Tembus 1.222 KasusIlustrasi pemakaman suspek COVID-19 PPU dengan protokol COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Ia menambahkan, hari ini juga terdapat penambahan satu kasus pasien berstatus suspek COVID-19, sehingga jumlah akumulasi keseluruhan kasus suspek COVID-19 sejak 22 Maret 2020 hingga hari ini mencapai 2.871 kasus. 

"Pasien suspek asal Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku yang meninggal pada Selasa (8/6/2021) malam kemarin dan pernah diberitakan IDN Times,  uji sampel swab telah keluar dengan hasil negatif, maka jumlah suspek meninggal bertambah satu menjadi 22 kasus," ucapnya.

4. Dari 2.871 pasien suspek tersebut, dua di antaranya laksanakan isolasi mandiri dan satu dirawat di rumah sakit

Tambah Lima, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Tembus 1.222 Kasusdr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan Masbanjar)

“Dari 2.871 kasus pasien suspek COVID-19 tersebut, sebanyak dua pasien di antaranya melaksanakan isolasi mandiri dan satu pasien dirawat di rumah sakit karena terdapat gejala dan komorbid sehingga butuh penanganan medis. Sedangkan suspek meninggal dunia dengan komorbid swab negatif bertambah satu sehingga menjadi 22 kasus,” sebutnya.

Untuk diketahui, jelas Grace, kasus probable COVID-19 akumulatif COVID-19 atau orang yang masih dalam kategori suspek total keseluruhan mencapai tetap 189 kasus. 

“Sementara itu kasus discarded atau pasien suspek yang telah menjalani isolasi selama 14 hari, tetapi hasil pemeriksaan PCR menunjukkan hasil negatif juga angka akumulatif sebanyak 2.585 kasus,” pungkasnya.

Baca Juga: Duh, Satu Positif COVID-19 Asal Girimukti Penajam Meninggal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya