Pemkot Samarinda Operasi Pasar Awasi Distribusi Minyak Goreng Subsidi

Satu kartu keluarga dibatasi pembelian maksimal 2 liter

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar operasi pasar murah minyak goreng dengan harga Rp 11.500 per liter dilaksanakan secara bertahap di seluruh Kelurahan wilayah setempat.

Dilansir dari Antara, operasi pasar minyak goreng berlangsung di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Sabtu (12/3/2022). Tampak masyarakat tertib mengantre untuk mendapatkan jatah minyak goreng yang sempat mengalami kelangkaan di pasaran.

1. Satu KK diberi jatah dua liter

Pemkot Samarinda Operasi Pasar Awasi Distribusi Minyak Goreng Subsidiilustrasi minyak goreng. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Minyak goreng ini khusus untuk warga Sidodadi, dan setiap Kartu Keluarga (KK) mendapatkan jatah dua liter. Minyak curah ini dibandrol Rp11.500/liter.

"sehingga warga harus membayar Rp23 ribu untuk dua liter minyak goreng," kata Camat Samarinda Ulu, Fahmi seperti dilansir dari Antara, Minggu (13/3/2022).

Fahmi mengatakan kuota minyak yang diberikan Pemkot Samarinda untuk Kelurahan Sidodadi dua ribu liter. Kelurahan Sidodadi yang terdata ada 2.000 liter untuk 1.000 Kartu keluarga (KK). Setiap RT berisi 170-180 KK yang mendapatkan minyak goreng dua liter dengan maksud agar tidak ada kecemburuan sosial.

Baca Juga: Saat Distributor Minyak Goreng di Samarinda Diserbu Warga.

2. Antrean cukup panjang

Pemkot Samarinda Operasi Pasar Awasi Distribusi Minyak Goreng SubsidiMinyak goreng curah merek Minyak Kita (IDN Times/Fariz Fardianto)

Fahmi mengakui gelaran pasar murah di Kelurahan Sidodadi tersebut memang sempat terjadi antrean yang panjang. Itu dikarenakan keterlambatan minyak goreng datang dan ada kendala secara teknis di lapangan.

“Kami mendapatkan informasi minyak goreng akan datang pada pagi hari, ternyata sore hari baru tiba. Untungnya panitia bisa mengatasi masalah tersebut dan warga tetap tertib mengantre dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda, Andi Harun telah memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan, Marnabas Patiroy untuk melaksanakan Operasi Pasar Murah dengan mendistribusikan minyak goreng curah langsung ke seluruh Kelurahan.

3. Antisipasi kecurangan pembelian

Pemkot Samarinda Operasi Pasar Awasi Distribusi Minyak Goreng SubsidiIlustrasi minyak goreng kemasan 2 liter (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sebagai antisipasi kecurangan, lanjut Andi Harun pihaknya akan menerapkan sistem kupon dan menyertakan kartu keluarga, dan akan bekerja sama dengan TNI Polri dalam penjagaan proses distribusi.

Orang Nomor satu di Kota Samarinda ini pun berharap, dengan pendistribusian minyak ini bisa meredakan kerumunan masa di swalayan dan sedianya stok minyak goreng tercukupi selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Marnabas Patiroy mengatakan pihaknya telah menyiapkan 222.222 liter minyak goreng curah yang akan didistribusikan ke 59 kelurahan se-Kota Samarinda.

Baca Juga: Warga Samarinda Rela Antre Minyak Goreng Sejak Subuh Demi Harga Murah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya