Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih 4 Penghargaan ASQ Awards

Angkasa Pura I mendapatkan 9 penghargaan dari 3 bandara

Balikpapan, IDN Times - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan kembali menerima penghargaan bergengsi Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airports Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meraih empat penghargaan pada kategori bandara dengan trafik penumpang 5-15 juta pernumpang per tahun. Penghargaan tersebut yakni Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation.

Selain Bandara SAMS Sepinggan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I juga menerima sejumlah penghargaan.

"Penghargaan ini telah diumumkan oleh ACI pada Maret lalu dan baru pada hari ini kami terima secara langsung. Kami sangat bersyukur dapat menerima  penghargaan yang merupakan apresiasi dan pengakuan dunia internasional atas terus meningkatnya kinerja pelayanan di 3 bandara yang kami kelola ini,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi melalui rilis tertulis pada Jumat (18/9/2020)

1. Angkasa Pura I menerima 9 ASQ Awards untuk tiga bandara

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih 4 Penghargaan ASQ AwardsBandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Untuk diketahui, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih 3 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 15-25 penumpang per tahun, yakni Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Customer Service, Best Infrastructure & Facilitation.

Sementara Bandara Sultan Hasanuddin Makassar meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun, yaitu Best Airport by Size, dan Best Infrastructure & Facilitation.

Total Angkasa Pura I menerima 9 penghargaan dari 3 bandara yang memang telah menjadi langganan penghargaan ASQ Awards. "Manajemen mengucapkan terima kasih kepada insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja kerasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini," ujar Faik Fahmi. 

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan Sehat

2. Tahun lalu Bandara SAMS Sepinggan telah menerima 4 penghargaan yang sama

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih 4 Penghargaan ASQ AwardsIlustrasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Pada ajang ASQ Awards 2018, yang penganugerahan penghargaannya dilakukan pada 2019 lalu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih empat penghargaan pada kategori yang juga sama.

Sementara pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan "2nd place  Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year".  

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI. Pada ASQ Awards tahun ini terdapat 140 penghargaan yang dianugerahkan kepada 84 bandara, di mana jumlah ini merupakan jumlah pemenang terbanyak selama penyelenggaraan ASQ Awards.

3. Sebanyak 10 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I telah menerima akreditasi Airport Customer Experience Accreditation

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih 4 Penghargaan ASQ Awardsilustrasi pesawat di bandara (IDN Times/Mela Hapsari)

Sejak Agustus 2019 lalu sebanyak 10 bandara Angkasa Pura I telah memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI sebagai komitmen peningkatan level of services dan customer experience.

"Kami bangga dapat menjadi operator bandara pertama yang memperoleh akreditasi ini di Asia-Pasifik. Ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan level of service serta customer experience dan yang paling utama mengukuhkan pelayanan di bandara yang kami kelola setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya," tambah Faik Fahmi.

Baca Juga: Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya