Comscore Tracker

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan Sehat

Peringati Hari Perhubungan Nasional 2020

Balikpapan, IDN Times - Pandemik virus corona belum usai tetapi mobilitas masyarakat tak terhenti. Masyarakat telah kembali berpergian menggunakan jasa penerbangan di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini.

PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar Kampanye Terbang Aman dan Sehat yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional 2020.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono mengatakan, “Kampanye Terbang Aman dan Sehat merupakan suatu momentum meningkatkan minat pengguna jasa melakukan penerbangan bahwa di bandara betul-betul memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan, seperti saat sekarang ini dimasa pandemi sangat dibutuhkan perhatian yang serius penanganan penumpang sebelum berangkat,” katanya melalui rilis tertulis pada Kamis (17/9/2020).

1. Menyambut para penumpang yang akan berangkat

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan SehatKampanye Terbang Aman dan Sehat di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (Dok. Humas Bandara Sams Sepinggan)

Kampanye Terbang Aman dan Sehat tersebut  melibatkan para stakeholder Bandara SAMS Sepinggan yakni, Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan, AirNav, airlines serta Ground Handling dengan melakukan parade dan menyambut penumpang yang akan berangkat.

“Bandara SAMS Sepinggan senantiasa memastikan penumpang yang berangkat bebas dari virus corona seperti pemeriksaan suhu tubuh, penerapan physical distancing dan validasi dokumen kesehatan sebelum berangkat. Maka saya meminta kerjasamanya agar mematuhi aturan selama di bandar udara,” ungkapnya.

Baca Juga: Mudahkan Penumpang, Bandara SAMS Sepinggan Layani Rapid Test dan PCR

2. Pesawat telah dilengkapi dengan HEPA untuk mengontrol kualitas udara

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan Sehatilustrasi pesawat (IDN Times/Mela Hapsari)

Barata berharap agar pandemik COVID-19 ini segera berlalu dan kepercayaan masyarakat semakin bertambah untuk berpergian menggunakan pesawat udara.

Lebih lanjut Barata menjelaskan, “Perlu diketahui dalam pesawat udara dilengkapi high efficiency particulate air (HEPA) filter yang menjaga sirkulasi udara tetap bersih, bekerja setiap 2 atau 3 menit sekali tentunya memberikan jaminan kualitas udara di pesawat udara,” ujarnya.

3. Meningkatnya penggunaan jasa penerbangan akan mendorong perekonomian

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Kampanye Terbang Aman dan SehatKampanye Terbang Aman dan Sehat di Bandara SAMS Sepinggan (Dok. Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII, Anung Bayumurti mengungkapkan meningkatnya penggunaan pesawat udara akan mampu mendukung ekonomi negara.

“Melalui acara ini dapat memberikan kepercayaan kepada seluruh pengguna jasa untuk menggunakan transportasi, sehingga seiring dengan itu diharapkan dengan meningkatnya arus transportasi udara dapat mendorong perekonomian dimasa sekarang," kata Anung.

Baca Juga: Lion Air dan Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Baru Balikpapan-Berau  

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya