Comscore Tracker

Hari Pertama, Wali Kota Balikpapan Ziarah dan Tinjau Hotel Karantina

Ziarah ke makam almarhum Thohari Aziz

Balikpapan, IDN Times - Hari pertama menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud langsung bekerja. Ia memulai hari dengan melakukan ziarah ke makam almarhum Thohari Aziz di pemakaman terpadu TPU Km 15 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara pada sekitar pukul 07.00 Wita.

Almarhum Thohari Azis semestinya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan dan dilantik bersama Rahmad, namun takdir berkata lain. Thohari meninggal dunia pada 27 Januari 2021 karena COVID-19. 

“Pak Thohari adalah sosok ramah, santun dan tegas," ujar Rahmad Mas’ud, pada Selasa (1/6/2021).

1. Ziarah makam Wakil Wali Kota terpilih

Hari Pertama, Wali Kota Balikpapan Ziarah dan Tinjau Hotel KarantinaWali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melakukan ziarah ke makam almarhum Thohari Aziz di pemakaman terpadu TPU Km 15 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Menurut Rahmad, almarhum adalah orang yang low profile sekaligus bersemangat untuk membangun kota Balikpapan. 

Setelah dilantik menjadi wali kota kemarin di Samarinda oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, pagi ini Rahmad langsung berziarah dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Kepala Pol PP Zulkifli, dan Kepala BPBD Suseno.

“Pak Thohari Aziz, saya ingin mengatakan vsi dan tugas belum selesai. Tapi saya harus percaya, bahwa rencana Tuhan yang terbaik,” ujar Rahmad.

Baca Juga: Ini Info tentang Ketersediaan Kamar Isolasi COVID-19 di Balikpapan

2. Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni secara virtual

Hari Pertama, Wali Kota Balikpapan Ziarah dan Tinjau Hotel KarantinaRahmad Mas'ud, Wali Kota Balikpapan (DN Times/Istimewa)

Setelah melaksanakan ziarah, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menuju rumah pribadi dan kantor untuk mengikuti peringatan Hari Lahirnya Pancasila di VIP Room, kantor Wali Kota Balikpapan, pukul 09.00 Wita secara Virtual.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono, Sekot Balikpapan Sayid M.N. Fadli, Asisten Satu Bidang Pemerintahan Saiful Bahri dan Forkopimda Balikpapan.

“Momen Hari Lahir Pancasila 1 Juni, adalah dimana kita harus menghargai jasa-jasa para pahlawan kita yang telah mempertahankan ideologi bangsa, sebagai alat pemersatu dari berbagai suku dan agama, dan menjadi contoh suri tauladan kepada anak-anak kita,” ujarnya.

3. Wali kota tinjau persiapan hotel untuk karantina pasien COVID-19

Hari Pertama, Wali Kota Balikpapan Ziarah dan Tinjau Hotel KarantinaWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud saat meninjau hotel karantina bagi pasien COVID-19 di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Kegiatan wali kota di hari pertama ini kemudian dilanjutkan dengan langsung meninjau persiapan Hotel Grand Tiga Mustika. Hotel ini akan menggantikan Embarkasi Haji Balikpapan sebagai tempat karantina pasien COVID-19. Embarkasi Haji Balikpapan setelah disterilkan, nantinya akan difungsikan kembali untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji 2021 ini.

“Di hotel ini SOP-nya sudah bagus, keluar masuk pasien tidak bercampur dengan petugas hotel," katanya.

Ia menambahkan, di hotel ini ada sekitar 56 buah kamar, dan menurutnya pemilik akan menambah sekitar 8 kamar lagi.

Selain meninjau kamar ukuran standar hingga kamar eksekutif, Rahmad juga meninjau ruang kerja dokter dan petugas kesehatan, termasuk melihat balkon untuk tempat berjemur bagi para pasien yang menjalani karantina.

"Yang kita siapkan saat ini salah satunya alternatif pemindahan pasien isolasi ke hotel,” ujar Rahmad Mas’ud kepada awak media.

Ia menegaskan pihaknya akan terus berupaya memutus rantai penyebaran COVID-19 dan terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat. “Evaluasi tentu akan dilakukan, nanti kami bicarakan sama dokter dan Satgas hasilnya didiskusikan," katanya.

Baca Juga: Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Isran : Wali Kota Mitra Gubernur

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya