Ibu Negara Belanja Oleh-Oleh di Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Iriana Jokowi belanja di Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Dalam kunjungannya ke IKN Nusantara, Ibu Negara Iriana Jokowi menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh di pusat kerajinan khas Kalimantan Timur di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan, pada Senin (29/7/2024).

Ibu Negara tiba di Pasar Inpres Kebun Sayur menumpang mobil Toyota Hiace putih, didampingi oleh beberapa istri menteri Kabinet Indonesia Maju. Mengenakan kerudung abu-abu, baju kebaya putih, dan kulot hitam, kedatangan Iriana disambut hangat para pedagang setempat.

"Selamat datang, Ibu Presiden lagi berbelanja di tempat Ibu Haji Purnama," ujar seorang warga sambil menyiarkan langsung kedatangan Iriana melalui jejaring sosial.

1. Pedagang senang dikunjungi Ibu Negara

Ibu Negara Belanja Oleh-Oleh di Pasar Kebun Sayur BalikpapanPurnama, pemilik Toko Permata Purnama Balikpapan, Senin (29/7/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Di pasar tersebut, Iriana terlihat berbelanja di Toko Permata Blok D. Ia memilih tas yang terbuat dari anyaman rotan yang dihiasi dengan manik-manik bermotif khas Kalimantan Timur.

“Saya sangat senang, kaget, dan kagum, tiba-tiba saja toko saya dikunjungi Ibu Negara,” ujar Purnama, pemilik Toko Permata Purnama Balikpapan.

Purnama menjelaskan, tas manik-manik tersebut merupakan hasil kerajinan tangan pengrajin Kalimantan Timur yang terbuat dari anyaman rotan dan dihiasi dengan manik-manik bermotif khas Dayak Kaltim.

Baca Juga: Hyundai Construction Bangun Fasilitas Terintegrasi di Balikpapan

2. Membeli tas manik-manik bermotif khas Dayak Kaltim

Ibu Negara Belanja Oleh-Oleh di Pasar Kebun Sayur BalikpapanIbu Negara Iriana Jokowi menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh di pusat kerajinan khas Kalimantan Timur di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan, pada Senin (29/7/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Purnama mengatakan bahwa Ibu Negara membeli tiga buah tas manik-manik dengan harga satuan sebesar Rp650.000, sehingga total belanja tasnya mencapai Rp1,8 juta.

“Tadi Ibu belanja tas manik-manik. Dia (Ibu Negara) suka tas yang lucu-lucu,” ujarnya sambil tertawa riang.

3. Juga membeli kalung dan gelang manik-manik

Ibu Negara Belanja Oleh-Oleh di Pasar Kebun Sayur BalikpapanIbu Negara Iriana Jokowi menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh di pusat kerajinan khas Kalimantan Timur di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan, pada Senin (29/7/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Purnama menambahkan bahwa selain tas manik-manik, Ibu Negara juga membeli beberapa kerajinan lainnya, seperti kalung dan gelang yang terbuat dari manik-manik.

“Ibu tadi juga beli kalung dan gelang manik-manik yang khas Kalimantan Timur. Jadi total belanjaannya sekitar Rp4 juta, sedangkan ibu-ibu menteri lainnya belanja dan bayar sendiri-sendiri,” jelasnya.

Baca Juga: Jembatan Pulau Balang Diresmikan, Mempermudah Jalur Balikpapan-PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya