Ngebor Air di Balikpapan, Muncul Semburan Lumpur dan Gas 

Warga diminta tidak mendekat berpotensi terbakar

Balikpapan, IDN Times - Semburan gas bercampur lumpur setinggi 50 meter dari sumur bor terjadi di kawasan Perum GBR 7 Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Semburan ini berasal dari mulut sumur bor berdiameter 4 inci ini di depan rumah milik Joko warga RT 5 Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan.

Koordinator Sumur Bor Boni mengatakan, semburan lumpur bercampur gas ini terjadi sejak pukul 02.00 Wita. Ketinggian semburan masih konstan saat dicek pukul 10.00 Wita. 

"Tadi baru dilihat sampai pukul 10.00 Wita semburan dari jam 02.00 Wita dini hari hingga siang tidak ada perubahan tinggi semburan sekitar 50 meter," katanya, Senin (5/7/2021).

1. Sumur bor sedalam 54 meter

Ngebor Air di Balikpapan, Muncul Semburan Lumpur dan Gas Lokasi sumur bor keluar lumpur dan gas di Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Boni mengatakan, sumur ini dibor dengan kedalaman sedalam 54 meter di mana pengerjaan selama dua pekan. Mereka pun sudah menuntaskan pengerjaan sumur bos yang mengeluarkan air. 

"Pengeboran sudah selesai sudah bisa di pakai airnya tapi tiba-tiba keluar semburan air bercampur gas," ungkapnya.

Ia akhirnya melaporkan kejadia ini pada pihak berwenang seperi kepolisian, TNI, dan BPBD Balikpapan.

Baca Juga: Membeludak, RSKD Balikpapan Rawat Pasien COVID-19 di Selasar

2. Hasil pemeriksaan tidak ada gas beracun

Ngebor Air di Balikpapan, Muncul Semburan Lumpur dan Gas Tim HSE PT Pertamina Hulu Mahakam melakukan pengecekan. (IDN Times/Hilmansyah)

Atas kejadian ini, tim HSE Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mendatangi lokasi guna melakukan pengecekan pada pukul 10.30 Wita. Dalam pengecekan disimpulkan kandungan gasnya masih dalam taraf aman. 

"Kami menuju lokasi ini untuk mengukur kandungan gas semburan yang berada di sini pemeriksaan aman baik kadar oksigen H2S nya kemudian kandungan lainnya," ujar HSE PHM, Asep Dedi.

Menurutnya yang mengkhawatirkan adalah kandungan H2S di mana hasilnya bervariasi.

"Agak sedikit mengkhawatirkan dari hasil pemeriksaan adalah H2S nya jadi bervariasi kandungan ada 4, 5,6,7 memang di bawah standar,” tegasnya.

3. Warga diminta tidak mendekat

Ngebor Air di Balikpapan, Muncul Semburan Lumpur dan Gas Pemeriksaan di lokas sumur bor di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Sehubungan itu, Asep menyarankan warga untuk sementara menjauhi lokasi semburan lumpur sumur bor ini. Menurutnya, kandungan gasnya bisa jadi berpotensi menimbulkan kebakaran. 

"Karena kandungan gasnya makin lama makin naik sehingga bisa terbakar disarankan semua warga jangan melewati garis yang sudah dipasang dan juga jangan merokok," pintanya.

Di lokasi kejadian juga dijaga ketat oleh petugas TNI dan Polri untuk memastikan bahwa masyarakat tidak mendekat ke lokasi dan tidak menyalakan api.

"Kami bersama jajaran TNI dan kecamatan setelah menerima informasi langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan sterilisasi agar masyarakat tidak mendekat karena berbahaya," tutup Babinkantibmas Aiptu Bintoro.

Baca Juga: Penumpang Bandara di Balikpapan Wajib Kantongi Tes PCR dan Vaksinasi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya