Jadi 21 Orang, Pasien Positif COVID-19 Transmisi Lokal di Balikpapan 

Pasien tidak ada riwayat berpergian ke luar daerah

Balikpapan, IDN Times - Jumlah daftar pasien yang terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan diinformasikan kembali bertambah menjadi 21 orang, setelah adanya satu orang pasien dinyatakan  positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Empat orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia, sehingga total pasien yang dirawat sebanyak 16 orang.

"Tadi ada informasi pasien corona kita kembali bertambah satu orang, jadi total pasien yang terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan bertambah menjadi 21 orang," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  Kota Balikpapan kepada wartawan di Lanud Balikpapan, Sabtu (18/4).

1. Pasien awalnya berobat batuk dan filek

Jadi 21 Orang, Pasien Positif COVID-19 Transmisi Lokal di Balikpapan Simulasi penanganan jenazah pasien positif COVID-19 di Trenggalek, IDN Times/ istimewa

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, pasien yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dengan usia sekitar 34 tahun.

Pasien terdeteksi terpapar virus corona setelah berobat ke rumah sakit  pada tanggal 6 April 2020 dengan gejala-gejala batuk dan filek. Setelah dilakukan pemeriksaan swab di laboratorium BBLK Surabaya, pasien yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar virus Corona.

"Sekarang sudah keluar hasil tesnya, dan pasien dinyatakan positif terpapar virus Corona," ujarnya.

 

Baca Juga: DPRD Minta Pemkot Balikpapan Segera Serahkan Data Bansos COVID-19 

2. Tidak pernah melakukan perjalanan ke luar Balikpapan

Jadi 21 Orang, Pasien Positif COVID-19 Transmisi Lokal di Balikpapan IDN Times/Maulana

Rizal menerangkan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, pasien  COVID-19 ini ditetapkan sebagai transmisi lokal karena tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah.

"Boleh dibilang ini baru, karena pasien tidak pernah melakukan perjalanan kemana-mana," jelasnya.

3. Kasus baru, masih dikembangkan

Jadi 21 Orang, Pasien Positif COVID-19 Transmisi Lokal di Balikpapan Industry.co.id

Menurut Rizal, pihaknya hingga saat ini masih mengembangkan kasus ini, untuk menyelidiki dugaan kontrak yang pernah dilakukan oleh pasien, yang berpotensi dalam meningkatkan penyebaran virus Corona.

"Ini baru, jadi kami masih kembangkan," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil laporan kewaspadaan COVID-19 di Kota Balikpapan, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami penambahan sebanyak 12 orang, 6 diantaranya hasil pengembangan dari pasien sebelumnya yakni dari klaster Sukabumi.

Baca Juga: Tambah Lagi, Total Positif Virus Corona di Balikpapan Genap 20 Orang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya