Jumlah Pendaftar CPNSD di Balikpapan Capai Lebih dari 6 Ribu Orang

Didominasi wanita, jadwal pendaftaran diperpanjang

Balikpapan, IDN Times - Jumlah pendaftar dalam proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Balikpapan tercatat sudah mencapai 6.210 pendaftar hingga 24 November 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan Robi Ruswanto mengatakan 6.210 pendaftar tersebut merupakan pelamar yang mendaftar secara online melalui situs BKN dan akan diverifikasi setelah berkas fisiknya masuk ke BKD Balikpapan.

“Pendaftar yang sudah mendaftar secara online akan diverifikasi berdasarkan berkas yang mereka kirimkan melalui Kantor Pos,” kata Robi ketika diwawancarai wartawan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan, Senin (25/11).

1. Jadwal pendaftaran CPNS diperpanjang

Jumlah Pendaftar CPNSD di Balikpapan Capai Lebih dari 6 Ribu OrangIDN Times/Maulana

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, jadwal pendaftaran  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) Kota Balikpapan dibuka sejak tanggal 11 hingga 25 November 2019 atau 15 hari kerja. Seluruh informasi yang sudah dimasukkan oleh pelamar melalui situs resmi BKN, harus dikirimkan dalam bentuk fisik paling lambat melalui Kantor Pos pada 25 November 2019.

Namun Panitia Pendaftaran CPNSD kemudian memperpanjang jadwal pendaftaran CPNSD Kota Balikpapan hingga 26 November 2019 pada pukul 23.00 Wita, setelah adanya informasi tentang perpanjangan masa pendaftaran CPNS dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dengan ada perpanjangan jadwal tersebut,paling lambat pengiriman berkas CPNSD Kota Balikpapan diperpanjang hingga tanggal 27 November 2019 pukul 16.00 Wita.

“Kami informasikan terjadi perpanjangan jadwal pendaftaran secara online hingga tanggal 26 November 2019, jadi jadwal pengiriman berkas paling lambat tanggal 27 November 2019 yang ditandai dengan stempel cap pos,” jelasnya.

Baca Juga: DPRD Balikpapan Usulkan Perda Anti LGBT

2. Pelamar didominasi wanita

Jumlah Pendaftar CPNSD di Balikpapan Capai Lebih dari 6 Ribu OrangIDN Times/Maulana

Berdasarkan data yang sudah diterima oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan tercatat sudah mencapai 6.210 pendaftar yang sudah mendaftar secara online hingga tanggal 24 November 2019. Lowongan yang tersedia meliputi tenaga pendidikan, tenaga teknis, dan tenaga kesehatan.

Dari jumlah tersebut 4.329 pendaftar terdiri dari wanita dan 1.881 pendaftar merupakan pria. Sementara 3.934 merupakan pelamar dari Kota Balikpapan dan 2.276 merupakan pelamar dari luar Kota Balikpapan. Dua pelamar cumlaude, dan 4 pelamar disabilitas.

Menurut Robi, saat ini berkas yang sudah masuk ke BKD Balikpapan mencapai 3.273 berkas. Yang akan diverifikasi untuk dicocokkan dengan persyaratan yang diminta dalam pendaftaran CPNSD. 

“Saat ini sudah mulai kami lakukan verifikasi, untuk pengumumannya menunggu BKN,” ujarnya.

3. Kuota CPNSD Balikpapan sebanyak 250 orang

Jumlah Pendaftar CPNSD di Balikpapan Capai Lebih dari 6 Ribu OrangIDN Times/Maulana

Sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat, Kota Balikpapan mendapatkan jatah kuota untuk pengadaan CPNSD di tahun 2019 ini sebanyak 250 orang.

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari jumlah yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan yang tercatat mencapai 828 orang.

Robi menjelaskan dari 250 kuota CPNSD yang disetujui terdiri dari 126 tenaga pengajar atau guru, 42 tenaga kesehatan dan 82 tenaga teknis. 

“Paling banyak kuota yang tersedia adalah untuk posisi guru, sisanya tenaga kesehatan dan teknis,” jelasnya.

Baca Juga: Kasus Stunting di Balikpapan Turun Jadi 4,7 Persen 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya