Comscore Tracker

Perdana Kasad TNI ke Benua Etam, akan Kunjungi Prajurit di Perbatasan 

Ketum Persit puji kreativitas anggotanya

Balikpapan, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendarat di Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Balikpapan Kamis (6/1/2021). Setibanya di Balikpapan, Kasad disambut oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Kapolda Kaltim, Asisten I  Prov Kaltim,  Para pejabat Utama Kodam VI/Mlw, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Dhomber Balikpapan.

Selain itu kedatangan orang nomor satu di Angkatan Darat ini juga disambut dengan Tradisi Adat Tepung Tawar dan Tari Datun Julud yang merupakan tradisi penyambutan tamu di Kalimantan Timur (Kaltim). Tradisi Adat Tepung Tawar diyakini mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana, serta menyucikan diri bagi yang menginjakkan kaki di bumi Etam Borneo.

1. Agenda kunjungan KASAD

Perdana Kasad TNI ke Benua Etam, akan Kunjungi Prajurit di Perbatasan (Dok. Pendam Kodam VI/Mulawarman)

Salah satu agenda kunjungan kerja Kasad di Kodam VI/Mlw kali ini adalah untuk mengunjungi para prajurit yang sedang bertugas di perbatasan RI-Malaysia.

Dalam lawatan perdana ini, Kasad didampingi Asintel dan Asops Kasad serta istri yang juga Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman.

Baca Juga: Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan Depan

2. Sempatkan lihat kerajinan ibu-ibu persit

Perdana Kasad TNI ke Benua Etam, akan Kunjungi Prajurit di Perbatasan (Dok. Pendam Kodam VI/Mulawarman)

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK), Rahma Dudung Abdurachman, melihat  secara langsung hasil kerajinan dan keterampilan Ibu-Ibu Persit  jajaran PD VI/Mulawarman yang ditampilkan di Ball Room Hotel Grand Senyiur  Balikpapan.

Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan pameran produk lokal dan keterampilan Anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD VI/Mulawarman. Di sana telah berjejer hasil kerajinan yang ditampilkan, di antaranya dari Cabang Se-Atap menampilkan ecoprint, sospeso, kimekomi, juju hat, sculture painting, sabun aroma terapi dan beraneka makanan ringan serta minuman keterampilan anggota.

Persit KCK Koorcab Rem 091/Aji Surya Natakesuma menampilkan tenun ulapdoyo, sulam tumpah, madu, tas, kain batik tulis dan makanan ringan. Dari ujung utara Persit KCK Koorcab rem 092/Maharajalila menampilkan makram, rajut, kain dabuti, beras krayan, madu, snack, garam krayan, tas rotan, batik kaltara dan buah lempesu. 

Sedangkan dari Persit KCK Koorcab Rem 101/Antasari menampilkan kain sasirangan, aneka makanan ringan dan kain tenun pagatan.

3. Bangga dengan karya ibu-ibu persit

Perdana Kasad TNI ke Benua Etam, akan Kunjungi Prajurit di Perbatasan (Dok. Pendam Kodam VI/Mulawarman)

Pada pameran tersebut juga ditampilkan Fashion Show yang merupakan hasil karya dari ibu-ibu Persit KCK PD VI/Mulawarman.

Setelah berkeliling melihat pernak pernik kerajinan dan keterampilan dari jajaran anggotanya, Rahma Dudung Abdurachman menyampaikan rasa bangganya kepada segenap anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD VI/Mulawarwan atas berbagai keterampilan yang dimiliki.

"Saya bangga serta senang karena sosok anggota Persit KCK bukan hanya  mendampingi suami, tetapi juga bisa berkarya serta berpikir kreatif," ungkapnya. 

Baca Juga: Ganti Rugi Lahan Pembangunan Rumah Sakit di Balikpapan Jadi Polemik

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya