Viral Video Pria Diterkam Buaya, Sempat Teriak 'Uy' Sebelum Menghilang

Sudah ada tanda peringatan ada buaya di lokasi

Balikpapan, IDN Times - Seorang pria bernama Luther (49) diterkam buaya saat sedang asyik membersihkan diri di sebuah kanal milik perusahaan PT AHL, Kilometer 5 Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Rabu (16/2/2022) sore lalu. 

Kejadian itu viral di sosial media. Sebab sebelum korban menghilang, terekam korban sempat berteriak 'uy' sebelum akhirnya hilang ditarik buaya berukuran kurang lebih empat meter itu.

Berdasarkan penjelasan pihak kepolisian, diketahui korban merupakan seorang petani dan baru saja pulang dari mengambil daun nipah.

"Saat itu dia bersama dua temannya berniat mandi, membersihkan badan di pinggir sungai. Saat korban turun ke dalam air, buaya langsung menarik kepalanya," jelas Kapolsek Sesayap Hilir, Iptu Jaimin, Sabtu (19/2/2022). 

1. Hendak mengantar kayu ulin

Viral Video Pria Diterkam Buaya, Sempat Teriak 'Uy' Sebelum Menghilangfoto manual

Jaimin mengatakan bahwa korban bersama dua rekannya itu hendak mengantar kayu ulin ke kanal perusahaan tersebut. Kayu itu mereka muat menggunakan mobil pick up.

Sembari mengantar, Luther pun turun ke sungai untuk membersihkan tubuhnya. Sebenarnya di lokasi tersebut sudah ada papan peringatan jika di lokasi itu ada satwa berbahaya tersebut. Tetapi korban mengatakan jika di situ tidak ada buaya dan nekat turun ke sungai.

"Dia turun pelan-pelan, eh beberapa detik kemudian diterkam," terangnya.

Saat detik-detik diterkam buaya itulah rekan korban bernama Martinus (22) sempat merekam kejadian. Di video juga nampak air yang awalnya tenang jadi bergelombang saat Luther ditarik buaya ke tengah.

Baca Juga: Pemda PPU Akan Kehilangan PAD Karena Larangan Jual Beli Tanah di IKN

2. Masih lakukan pencarian

Viral Video Pria Diterkam Buaya, Sempat Teriak 'Uy' Sebelum MenghilangTim SAR gabungan beserta masyarakat membantu mencari Luther (istimewa)

Tak banyak yang ditampilkan dalam video tersebut, sebab saat merekam, handphone Martinus terjatuh. Hingga saat ini, Tim SAR gabungan beserta warga sekitar sedang melakukan pencarian terhadap Luther.

"Kami juga sudah menurunkan ekskavator untuk membersihkan pinggiran sungai, untuk mempermudah pencarian korban dan buaya," lanjut Jaimin.

Selain itu, keluarga korban juga melakukan upaya lainnya. Salah satunya dengan memanggil pawang buaya. 

3. Buaya dominasi di perairan Kalimantan

Viral Video Pria Diterkam Buaya, Sempat Teriak 'Uy' Sebelum MenghilangAyat S. Karokaro via mongabay.com

Sebagai informasi, Pulau Kalimantan masuk sebagai wilayah yang terkenal dengan jumlah populasi buaya terbanyak di Asia Tenggara. Terlebih satwa ganas ini kerap ditemukan selalu yang berukuran besar.

Sementara di wilayah Kaltara, pada tahun 2020 lalu masyarakat sempat digegerkan dengan penampakan buaya diduga berukuran sekitar 15 meter melalui google maps. Meski belum ada jawaban langsung mengenai kebenaran informasi ini.

Namun yang perlu dipahami, jika perairan di Kalimantan memang dihuni banyak satwa yang masuk dalam suku Crocodylidae ini.  Bahkan di Balikpapan juga ada penangkaran buaya dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Baca Juga: 300 Tenaga Kerja dari PPU Diterima pada Proyek Kilang Minyak Pertamina

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya