Dewan Adat Dayak akan Mengamankan Presiden saat Berkemah di IKN

Datang menemui Wakil Gubernur Kaltim

Samarinda, IDN Times - Rencana Presiden Joko Widodo yang akan bermalam di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mendapat perhatian serius Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur (Kaltim).

Dewan Adat Dayak Kaltim siap membantu menyukseskan penyelenggaraan kemah presiden di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu.

"Kedatangan kami untuk bertanya tentang rencana presiden bermalam di IKN. Kami ingin berkoordinasi dan membantu agar semua acara berjalan lancar," kata Wakil Ketua Dewan Adat Dayak Kaltim Firminus Kunum di Rumah Dinas Wakil Gubernur Kaltim dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (10/2/2022).

1. Koordinasi dalam pengamanan presiden

Menurut Firminus Kunum, koordinasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui persis waktu kemah presiden.

Hal ini penting agar masyarakat adat bisa menyesuaikan rencana penyambutan secara adat dan prosesi adat bisa dilakukan dengan baik saat kunjungan Presiden Joko Widodo, sejak awal hingga sampai di titik nol IKN.

"Jadi, karena lokasinya ada di Sepaku, maka kita harus berkoordinasi dengan para kepala adat di PPU. Termasuk kepala adat yang lain," kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim itu.

Baca Juga: Utak-atik Skema Pembiayaan IKN Nusantara di PPU

2. Agenda pertemuan dengan warga asli di Kaltim

Dewan Adat Dayak akan Mengamankan Presiden saat Berkemah di IKNPakaian adat masyarakat suku Dayak di Kaltim (Dok.DADPPU)

Selain itu, koordinasi juga harus dilakukan untuk rencana Presiden Joko Widodo berdialog dengan para tokoh adat di Kaltim pada malam harinya.

Koordinasi soal siapa saja yang diundang juga penting, karena Suku Dayak saja ada tidak kurang 12 sub etnis besar. Perlu diskusi intens dengan jajaran kepresidenan mengingat semua sub etnis pasti ingin berdialog langsung dengan presiden terkait IKN. Belum lagi etnis lain yang selama ini hidup rukun dan damai termasuk suku asli, seperti Kutai dan Paser.

"Budaya jangan ditinggal, ritual adat harus tetap dilaksanakan," kata Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Martinus Usat yang datang bersama Firminus Kunum dan Koordinator Daerah Perbatasan Agustinus Lejiu.

3. Belum ada pemberitahuan dari presiden

Dewan Adat Dayak akan Mengamankan Presiden saat Berkemah di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Menanggapi pertanyaan itu, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan hingga saat ini dirinya belum menerima tanggal pasti kapan presiden akan bermalam di IKN.

Menurutnya, memang seharusnya semua persiapan acara lebih dulu dimatangkan mengingat kegiatan akan dilakukan di tengah hutan, bukan di dalam kota.

"Saya setuju. Ritual dan dialog dengan tokoh adat perlu dibicarakan lebih matang," kata Wagub Hadi.

Dia lantas menyarankan Dewan Adat Dayak Kaltim agar segera berkoordinasi dengan Plt Sekretaris Daerah Kaltim Riza Indra Riadi untuk mengetahui jadwal pasti rencana kunjungan presiden.

"Tingkat keamanan presiden harus nomor satu," tutup Hadi.

Sebelumnya, perihal rencana Presiden Joko Widodo akan berkemah di titik nol IKN disampaikan Gubernur Isran Noor, pekan lalu. Ini sebagai bukti betapa Presiden Joko Widodo sangat serius dengan rencana strategis jangka panjang Indonesia itu. 

4. Rencana Jokowi berkemah di IKN Nusantara

Dewan Adat Dayak akan Mengamankan Presiden saat Berkemah di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Pejabat di Sepaku PPU sempat mengungkapkan rencana Presiden Jokowi berkemah di lokasi IKN Nusantara. Presiden disebut-sebut ingin menggelar syukuran atas peletakan pertama pembangunan Kota Nusantara dengan menggelar perkemahan di lokasi ini. 

Selain itu, Jokowi pun ingin menemui langsung perwakilan tokoh masyarakat di Kaltim dalam momentum selamatan itu. 

Tetapi informasi terbaru juga berembus informasi di mana presiden menunda agenda ini mengingat kondisi pandemik COVID-19 yang tidak memungkinkan. 

Baca Juga: Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya