Ini Daftar Empat SMAN Favorit di Banjarmasin

Berprestasi dari sisi akademis dan ekstrakurikuler

Banjarmasin, IDN Times - Menjadi sebuah kebanggaan bisa diterima di sekolah menengah atas (SMA) favorit agar memperoleh pendidikan dan lingkungan yang terbaik. Nah, di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) pun banyak memiliki banyak alternatif sekolah yang berprestasi dari segi akademisi hingga pendidikan ekstra kurikuler. 

Berikut 4 daftar SMA favorit di kota berjuluk "Seribu Sungai' menjadi pilihan para siswa dan orangtua murid. 

1. SMAN 7 Banjarmasin

Ini Daftar Empat SMAN Favorit di BanjarmasinSMAN 7 Banjarmasin atau yang dikenal SMAVEN, Kamis (2/2/2023). (IDN Times/Hamdani)

SMAN 7 Banjarmasin atau yang dikenal SMAVEN adalah salah satu sekolah SMA favorit yang berdomisili di Jalan Dharma Praja Banjarmasin Timur. Wajar, SMAVEN menjadi SMU favorit karena banyak prestasi yang diraih.

Kepala SMAN 7  Tumiran menyebutkan, sekolahnya ini masuk dalam daftar 1000 sekolah terbaik se Indonesia dengan peringkat yang berdasarkan nilai rata-rata tes potensi skolastik (TPS) ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dari peserta ujian UTBK tahun 2020.

Tak hanya itu, sarana dan prasarana menjadi unggulan untuk menjamin mutu pendidikan dalam ajar mengajar. Sekolah ini memiliki fasilitas laboratorium lengkap. Mulai dari laboratorium komputer, biologi, fisika, dan lainnya. 

Pendidikan rohaniah pun turut memperoleh perhatian seperti tadarus Alquran sebelum memulai belajar. Tenaga pengajar juga selektif agar kualitas pendidikan yang disampaikan kepada siswa sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM ke Banjarmasin Memuji Program Bahuma

2. SMAN 1 Banjarmasin

Ini Daftar Empat SMAN Favorit di BanjarmasinSMAN 1 Banjarmasin di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (2/2/2023). (IDN Times/Hamdani)

SMAN 1 ini berdomisili di Kompleks Mulawarman Banjarmasin Tengah. SMA ini juga berstatus salah satu yang terbaik di Indonesia dengan nilai rata-rata tes potensi skolastik (TPS) ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dari peserta ujian UTBK tahun 2020.

Menurut Kepala SMAN 1 Banjarmasin Feri Setyawan, sistim akademis yang dimiliki sekolah itu yang membuat sekolahnya menjadi sekolah favorit dan terbaik kedua di Banjarmasin. 

Kalau dulu masuk melalui tahapan tes, sekarang bergeser menjadi sistim zonasi, hingga prestasi. Meskipun sekolah ini tetap menjamin mutu pendidikan agar tetap dipercaya masyarakat.

Sekolah ini memiliki fasilitas laboratorium lengkap, seperti laboratorium komputer, biologi, fisika, dan sarana pendukung ajar mengajar lainnya.

Sekolah ini juga kerap menggelar event lokal hingga nasional, termasuk kegiatan ekstrakurikuler mendukung minat dan bakat siswa. 

3. SMAN 2 Banjarmasin

Ini Daftar Empat SMAN Favorit di BanjarmasinSMAN 2 Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Kamis (2/2/2023). (IDN Times/Hamdani)

SMAN 2 dikenal dengan sebutan SMADA yang berdiri tahun 1965 dan berdomisili di Kompleks Mulawarman  Banjarmasin dan lokasinya berseberangan jalan dengan SMAN 1 Banjarmasin.

Yang menjadi favorit sekolah ini karena akademisnya dan program khusus olahraga yang mendukung dan mengembangkan bakat siswa dalam hal olahraga. Berbagai prestasi olahraga di sekolah ini pun telah banyak diraih.

Soal fasilitas ruang belajar juga sudah standar. Sekolah ini juga telah banyak mencetak para pejabat dan orang-orang sukses. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor juga merupakan lulusan sekolah SMADA ini.

Dan masih banyak pejabat-pejabat lainnya.

4. SMAN 5 Banjarmasin

Ini Daftar Empat SMAN Favorit di BanjarmasinSMAN 5 Banjarmasin di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (2/2/2023). (IDN Times/Hamdani)

SMAN 5 Banjarmasin ini berdomisili di Jalan Sultan Adam Kecamatan Banjarmasin Utara. Sekolah ini adalah salah satu sekolah terbaik di Banjarmasin.

SMAN 5 Banjarmaisn tercatat sebagai SMA-MA di Kalsel yang masuk dalam daftar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan hasil rerata IIUN yang konsisten selama 6 tahun ini. 

Selain itu, SMAN 5 Banjarmasin selalu meraih Penghargaan Adiwiyata sejak 2016 sebagai sekolah yang memperhatikan lingkungan hidup sekitar.

Soal fasilitas dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini juga tak kalah jauh dengan sekolah-sekolah setara lain di Banjarmasin. Gubernur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor menjadi salah satu alumni angkatan ke 7 dari 40 angkatan SMAN 5 Banjarmasin. 

Baca Juga: Fenomena "Pampangan" Ancaman Sampah di Sungai Martapura Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya