Kampung Bahari Nusantara Mendekatkan TNI AL dengan Masyarakat PPU

Bentuk kepedulian TNI untuk masyarakat 

Penajam, IDN Times - Keberadaan Kampung Bahari Nusantara di Kelurahan Jenebora, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan bentuk kedekatan TNI AL dengan masyarakat.

"TNI AL memberikan sejumlah fasilitas untuk Kelurahan Jenebora sebagai Kampung Bahari Nusantara," kata Sekretaris Daerah Kabupaten PPU Tohar dilaporkan Antara, Minggu (21/5/2023).

1. Bentuk kepedulian TNI AL kepada masyarakat

Kampung Bahari Nusantara Mendekatkan TNI AL dengan Masyarakat PPUWikipedia/Arief Rahman Saan (Ezagren)

Tohar mengatakan, Kampung Bahari Nusantara merupakan bentuk kepedulian TNI AL kepada masyarakat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Pemerintah Kabupaten Penajam Pasar Utara mengapresiasi terbentuknya Kampung Bahari Nusantara tersebut, karena dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Kampung Bahari Nusantara merupakan program pemberdayaan masyarakat dan kampung masuk dalam operasi non-perang TN AL, menjadi perwujudan membangun ketahanan wilayah maritim dari tingkat desa dan kelurahan sebagai penyangga pertahanan negara.

Baca Juga: Hotel Whiz Prime di Balikpapan Kebakaran

2. Fasilitas medis bagi masyarakat

Kampung Bahari Nusantara Mendekatkan TNI AL dengan Masyarakat PPUilustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sejumlah fasilitas tersebut, di antaranya fasilitas kesehatan berupa peralatan dan perlengkapan medis, serta tenaga medis dari TNI AL siaga apabila diperlukan.

Selain itu, fasilitas taman bacaan untuk meningkatkan literasi masyarakat, khususnya anak-anak di daerah itu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus mendukung program Kampung Bahari Nusantara dan akan terus sinergi dengan TNI AL, terutama dalam melakukan pemberdayaan masyarakat.

3. Kelurahan Jenebora menjadi Kampung Bahari Nusantara

Kampung Bahari Nusantara Mendekatkan TNI AL dengan Masyarakat PPUPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anggota TNI yang bertugas di Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Terpilihnya Kelurahan Jenebora menjadi Kampung Bahari Nusantara melalui pertimbangan pertahanan dan keamanan, kemudian perekonomian, serta fasilitas pendidikan dan kesehatan.

Program Kampung Bahari Nusantara diharapkan mampu meningkatkan perekonomian nelayan dan pengembangan potensi wisata maritim menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat pesisir.

"Kampung Bahari Nusantara bentuk nyata kehadiran dan kedekatan TNI AL dengan masyarakat," kata Tohar.

Baca Juga: Kemenkumham dan Kota Balikpapan MoU Perlindungan Kekayaan Intelektual 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya