Pemkot Samarinda Siapkan Rp40 Miliar untuk Revitalisasi Sungai Mahakam

Mempercantik wajah Kota Samarinda

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk melaksanakan program revitalisasi kawasan Tepian Sungai Mahakam dalam upaya mempercantik wajah Ibu Kota Provinsi Kaltim.

"Anggaran Rp40 miliar itu kita alokasikan untuk satu segmen, dari total delapan segmen yang akan kita kerjakan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda Desy Damayanti diberitakan Antara, Senin (2/1/2023). 

1. Proyek akan dimulai secara bertahap

Pemkot Samarinda Siapkan Rp40 Miliar untuk Revitalisasi Sungai MahakamPerairan Sungai Mahakam di Samarinda Kalimantan Timur. Foto Instagram ini_omtheo_001

Desy menjelaskan program tersebut dilaksanakan dijadwalkan terlaksana pada tahun 2023. Menurut Desy, lelang proyek tersebut akan dilaksanakan pada Januari 2023 dan pembangunan akan dimulai secara bertahap.

Adapun konsep masterplan revitalisasi Tepian Mahakam direncanakan sepanjang 6 kilometer. Membentang dari Jembatan Mahakam sampai ke kawasan Pelabuhan Samarinda.

Baca Juga: Jembatan Mahakam Samarinda Aman Pascainsiden Ditabrak Tongkang 

2. Lokasi Tepian Mahakam yang akan direvitalisasi

Pemkot Samarinda Siapkan Rp40 Miliar untuk Revitalisasi Sungai MahakamKondisi Mahakam Lampion Garden (MLG) di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Tempat wisata ini bersisian dengan Sungai Mahakam yang ikonik ini sepi dari pengunjung (Dok.MLG/Istimewa)

Proyek revitalisasi Tepian Mahakam akan dimulai dari kawasan Tempekong hingga Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

"Pak Wali Kota, kita mulai menata dari Tempekong sampai Kantor Gubernur," jelasnya.

3. Keindahan Sungai Mahakam

Pemkot Samarinda Siapkan Rp40 Miliar untuk Revitalisasi Sungai MahakamPemukiman awal Samarinda di pinggir Sungai Mahakam, potret diambil pada 1937 (digitalcollections.universiteitleiden.nl/KITLV Leiden)

Sungai Mahakam memiliki keindahan sebagai sungai terpanjang dan terbesar di wilayah Kaltim. Sungai melintasi hampir sebagian besar kota/kabupaten di Bumi Etam. Keberadaannya sangat vital sebagai sarana transportasi, pemenuhan air bersih, hingga sumber pangan bagi masyarakat. 

Sehingga program revitalisasi Sungai Mahakam dirasakan penting bagi keberlangsungan sungai ini ke depannya. 

Baca Juga: BPK Temukan Kelebihan Pengelolaan Belanja RSUD AWS Samarinda 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya