Polisi Buka Penyelidikan Penyebab Kebakaran di Pandansari Balikpapan

Kebakaran ini berlangsung cukup lama

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Sektor (Polsek) Balikpapan Barat segera menyelidiki asal api yang masih terus menyala di lokasi kebakaran Jalan Pandansari Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (7/9/2022). Kebakaran di lokasi ini berlangsung cukup lama hingga dipadamkan petugas pukul 22.00 Wita.

“Besok kita segera gelar olah TKP, pukul 09.15,” kata Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Polisi Djoko Purwanto di tempat kejadian diberitakan Antara, Kamis (8/9/2022). 

1. Para petugas kebakaran masih memadamkan api

Polisi Buka Penyelidikan Penyebab Kebakaran di Pandansari BalikpapanPetugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan pada permukiman padat penduduk yang terbakar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (21/9/2021) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Para petugas pemadam kebakaran juga terlihat masih menyemprotkan air ke sejumlah titik di lokasi yang dulunya berdiri deretan rumah toko (ruko) itu. Sementara polisi memasang pita kuning penanda larangan melintas bagi yang tidak berkepentingan.

Dari pendataan sementara, diketahui 34 keluarga atau 160 jiwa kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha.

Baca Juga: Gudang Elpiji hingga Kain Picu Kebakaran di Pandansari Membesar

2. Respons cepat petugas di Balikpapan

Polisi Buka Penyelidikan Penyebab Kebakaran di Pandansari BalikpapanIlustrasi petugas pemadam kebakaran dibantu warga melakukan proses pendinginan pada permukiman padat penduduk yang terbakar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam (21/9/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Diketahui api tersebut pertama kali berkobar sekitar pukul 14.35 Wita. Rumah dan ruko yang terbuat dari kayu dengan cepat membakar dan menyebar.

"Kami kerahkan semua unit PMK. Totalnya ada 18 unit dibantu oleh para relawan serta dari Brimob, PDAM Perumda Tirta Manuntung, dan Pertamina," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Silvi Rahmadani.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun BPBD, sedikitnya ada 34 rumah dari 2 RT yakni RT 20 dan RT 18, Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat yang terbakar.

Silvi menambahkan, pihaknya agak lama dalam melakukan pemadaman karena di lokasi kebakaran terdapat gudang elpiji, kain, busa, solar, dan plastik.

3. Polisi masih mencari keterangan dari berbagai saksi

Polisi Buka Penyelidikan Penyebab Kebakaran di Pandansari BalikpapanIlustrasi proses pemadaman kebakaran di pemukiman Simprug. Foto Antara (M Adimaja)

Sementara itu, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Djoko Purwanto mengatakan bahwa pihaknya masih mencari keterangan dari berbagai saksi.

“Saat ini sudah ada dua saksi yang kami bawa ke Polsek Balikpapan Barat untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, Camat Balikpapan Barat Muhammad Arif bersama Muspika mendirikan pos pengungsian di lokasi kebakaran. Wali Kota Balikpapan Rachmad Mas'ud juga menyempatkan diri menengok warga di pos pengungsian.

Baca Juga: Kebakaran Mengamuk di Kawasan Pandansari, Balikpapan Barat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya