Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul Fitri

Penempatan personel di titik keramaian

Penajam, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, berjaga-jaga untuk mengamankan wilayah Benuo Taka selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami telah menggelar penjagaan penuh dengan personel untuk mengamankan sejumlah titik keramaian selama libur lebaran," kata Kepala Polres PPU Ajun Komisaris Besar Pol Supriyanto dilaporkan Antara di Penajam, Sabtu (13/4/2024).

1. Pelabuhan penyeberangan kapal klotok

Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul FitriPara pemudik lebaran Idul Fitri 1445 di pengguna jasa kapal Ferry di pelabuhan Penajam PT ASDP Ferry Indonesia (IDN Times/Ervan)

Dia menjelaskan bahwa penjagaan terutama difokuskan pada pelabuhan penyeberangan kapal kayu (klotok) dan kapal cepat (speedboat), yang selalu ramai saat arus mudik dan arus balik, serta selama libur lebaran.

"Selain itu, kami juga memperhatikan sejumlah tempat pariwisata, terutama wisata pantai yang selalu dipadati pengunjung setiap libur lebaran," tambahnya.

Supriyanto menyatakan bahwa personel disebar untuk mengawasi wilayah tersebut, termasuk memantau arus lalu lintas untuk memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan selama libur lebaran.

Baca Juga: KPU Penajam Antisipasi Cuaca Buruk saat Distribusikan Logistik Pemilu

2. Pelayanan cepat, efektif, efisien, dan ramah

Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul FitriUrai penumpukan, Polisi dan Dishub Magetan berlakukan sistem buka tutup. IDN Times/ Riyanto

Kapolres menekankan pentingnya memberikan pelayanan cepat, efektif, efisien, dan ramah (humanis) kepada para pemudik yang melintas atau warga setempat yang melakukan perjalanan untuk bersilaturahmi dan ke tempat wisata.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan masyarakat guna menciptakan kondisi aman dan lalu lintas yang tertib, aman, dan lancar," tegasnya.

Seluruh personel Polres PPU, lanjutnya, diberikan instruksi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengaturan lalu lintas dan memberikan bantuan lainnya.

3. Personel polisi bersiaga menjaga keamanan

Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul FitriSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Polres PPU memastikan bahwa seluruh personel selalu siap siaga untuk menjaga keamanan wilayah dan kelancaran perjalanan warga setempat maupun pemudik.

"Para pengendara diimbau untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan selama perjalanan," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa personel Polres PPU diperintahkan untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya kelelahan saat berkendara kepada pengemudi yang melintas.

Baca Juga: Kunjungi Galeri Batik Semoi Nusantara di PPU, Wamenaker: Luar Biasa!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya