Tiga Danau di Kaltim Masuk Prioritas Penyelamatan Nasional

Totalnya terdapat 15 danau di Indonesia masuk prioritas

Samarinda, IDN Times - Tiga danau di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) masuk dalam prioritas penyelamatan danau di Indonesia. Danau-danau masuk penyelamatan di antaranya Danau Jempang Kutai Barat, Danau Semayang dan Danau Melintang di Kutai Kartanegara. 

"Penurunan kualitas ekosistem dan keanekaragaman hayati, serta okupansi sempadan danau oleh masyarakat," kata Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhur Binsar Pandjaitan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu (22/9/2021). 

1. Rapat koordinasi penyelamatan danau prioritas nasional

Tiga Danau di Kaltim Masuk Prioritas Penyelamatan NasionalDanau Melintang (instagram.com/aldiriandana)

Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi menggelar rapat koordinasi tindak lanjut Perpres Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Mewakili Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov Kaltim Abu Helmi ikut dalam rapat ini. 

Rakor dipimpin Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diikuti secara virtual dari Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Kaltim Lindungi Pegawai Non ASN dengan 4 Program BPJS Ketenagakerjaan

2. Danau di Kaltim masuk dalam prioritas

Tiga Danau di Kaltim Masuk Prioritas Penyelamatan NasionalDanau Jempang (instagram.com/aldiriandana)

Dari 15 danau prioritas nasional, ada tiga danau lingkup kaskade Mahakam di Kaltim yakni Danau Jempang Kabupaten Kutai Barat, serta Danau Semayang dan Danau Melintang Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan Indonesia memiliki 1.575 danau (840 danau besar dan 735 danau kecil) yang mampu menampung 500 Km³ air atau 72 persen dari total pasokan air permukaan Indonesia.

Selain masalah pendangkalan dan penyempitan area danau oleh sedimentasi, juga erosi dan pencemaran aktivitas pertanian tanpa mengindahkan konservasi.

Termasuk pencemaran air dari budidaya perikanan (keramba jaring apung), pencemaran limbah dan sampah.

3. Kaltim membentuk tim percepatan penyelamatan danau

Tiga Danau di Kaltim Masuk Prioritas Penyelamatan NasionalPanorama Danau Toba dari Adian Nalambok, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (Dok Humas Kemenparekraf)

Sementara Asisten Perekomomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov Kaltim Abu Helmi menyatakan tiga danau di Kaltim masuk penyelamatan 15 danau nasional.

"Tiga danau kita merupakan kaskade Mahakam, dan rencana revitalisasi oleh pusat pada 2023-2024, sedangkan studi persiapan dimulai 2022," sebut Abu Helmi didampingi Kepala DLH Ence Ahmad Rafiddin Rizal, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah.

Selanjutnya, atas kebijakan pemerintah pusat, maka pemerintah daerah segera membentuk tim sebagaimana pusat juga membentuk tim percepatan penyelamatan danau prioritas nasional. 

Baca Juga: Lumbung Pangan untuk Penyangga Ibu Kota Negara di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya