Cek and Ricek Narkoba, BNNK Sambangi Kantor SAR Balikpapan

Kepala SAR hingga ABK diperiksa urine

Balikpapan, IDN Times – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan mendatangi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Senin (27/1) pagi. Mereka memeriksa urine petugas search and rescue (SAR) di sana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Gusti Anwar Mulyadi. Kata dia, ada 91 petugas SAR di Balikpapan menjalani pemeriksaan urine ini.

“Pada pagi hari ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan melaksanakan tes urine,” katanya dalam siaran pers yang diterima media ini.

1. Semua urine petugas SAR di Balikpapan diperiksa

Cek and Ricek Narkoba, BNNK Sambangi Kantor SAR BalikpapanPetugas SAR di Balikpapan menjalani pemeriksaan urine, Senin (27/1) pagi. (Sumber: Basarnas Balikpapan)

Lebih lanjut, Gusti menyebut, hampir semua petugas SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan ikut serta dalam giat ini, mulai dari anak buah kapal (ABK), rescuer hingga staf administrasi Tim SAR. Termasuk Gusti sendiri juga ikut diperiksa urinenya.

“Semuanya kami ikutkan tes untuk cek and ricek narkoba,” sebutnya.

Baca Juga: Sambut Ibu Kota Baru, Balikpapan Susun Masterplan Transportasi

2. Tes urine jadi prgoram kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan

Cek and Ricek Narkoba, BNNK Sambangi Kantor SAR BalikpapanSampel-sampel urine petugas SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan. (Sumber: Basarnas Balikpapan)

Gusti menerangkan, pemeriksaan urine ini guna memastikan tak ada anggota SAR yang menyalahgunakan narkoba. Sehingga, diharapkan kegiatan SAR yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan bisa berjalan baik tanpa narkoba.

“Ini memang program Kantor SAR juga, jadi setiap tahun kami melaksanakan tes urine untuk cek and ricek anggota untuk mengantisipasi jangan sampai anggota menggunakan narkoba,” terangnya.

3. Hasil tes urine di Kantor SAR Balikpapan negatif narkoba

Cek and Ricek Narkoba, BNNK Sambangi Kantor SAR Balikpapanjournal.sociolla.com

Meski saat ini tes urine masih menjadi agenda tahunan, namun tidak menutup kemungkinan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan akan menjadikan tes ini sebagai agenda bulanan.

“Bisa berjenjang, beberapa bulan sekali kami akan melaksanakan tes ini, apabila ada indikasi untuk anggota kami (menyalahgunakan narkoba),” pungkasnya.

Sementara itu, ditambahkan Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Oktavianto, dari 91 orang yang diperiksan dalam tes urine, tak ada satupun petugas SAR yang dinyatakan postif narkoba. “Alhamdulillah, hasil semuanya negatif narkoba,” sebutnya.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Mirip Influenza, Warga Samarinda Diminta Tak Panik

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya