Hujan Lima Jam di Balikpapan, Puluhan Rumah Terdampak Banjir

BPBD Balikpapan minta warga peduli lingkungan

Balikpapan, IDN Times – Hujan yang terjadi sejak subuh hingga siang hari, pada Kamis (30/1), membuat beberapa kawasan di Balikpapan terendam banjir. Beberapa warga terpaksa diungsikan ke tempat lebih aman akibat peristiwa ini.

Hujan deras mulai terjadi di Kota Minyak pada pukul 02.00 Wita. Hujan baru reda lima jam kemudian, atau sekira pukul 07.00 Wita. Akibat hujan ini, sebagian wilayah di kota ini terjadi banjir. Pantauan IDN Times, sedikitnya ada enam kawasan terendam banjir di Balikpapan.

Seperti di Kilometer (Km) 17, Km 18 dan Km 11, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Selain itu banjir juga sempat merendam sebagian wilayah Kelurahan Kariangau di Balikpapan Barat, Jalan Beller dan Jalan MT Haryono di Balikpapan Selatan.

1. Ketinggian air di pemukiman warga mencapai 1,5 meter

Hujan Lima Jam di Balikpapan, Puluhan Rumah Terdampak BanjirTim SAR gabungan mengevakuasi warga terdampak banjir di Km 17, Balikpapan. (Sumber: Polairud Polda Kaltim)

Camat Balikpapan Utara Fahrul Razi mengatakan, di daerah kerjanya banjir terparah terjadi di Km 17. Di sana air sempat menggenangi jalan poros Balikpapan-Samarinda dan pemukiman warga, pada sekitar pukul 07.30 Wita.

Rata-rata, ketinggian air di jalan poros sekitar 30 sentimeter. Sedangkan di pemukiman warga ketinggian air sempat mencapai 1,5 meter.

“Penyebab banjir ini akibat curah hujan yang tinggi tadi pagi. Kemudian gorong-gorong utama yang melintasi Jalan Soekarno-Hatta terlalu kecil, sehingga tidak mampu menyalurkan air akibat curah hujan yang lebat,” kata Fahrul.

Baca Juga: Tren Kebakaran di Samarinda Meningkat Tajam, sampai 508 Kejadian

2. Satu warga dievakuasi ke Puskesmas

Hujan Lima Jam di Balikpapan, Puluhan Rumah Terdampak BanjirSalah satu titik banjir di Balikpapan terdapat di Km 17. (Sumber: Istimewa)

Akibat banjir ini, ungkap Fahrul, empat rumah di RT 37, Km 17, terendam banjir. Sementara 47 rumah lainnya di RT 37, RT 39, RT 55 dan RT 58, Km 17, hanya terdampak banjir.

Dibantu Tim SAR gabungan dan relawan, sebagian warga di sana diungsikan ke tempat yang lebih aman. Salah satu warga di Km 17 pun ada yang dievakuasi ke Puskesmas terdekat akibat sakit yang dideritanya sebelum terjadi banjir.

“Saat ini warga terdampak banjir mengungsi di tempat yang aman, seperti ke tempat keluarga atau ke tetangganya. Untung korban jiwa tidak ada,” tandasnya.

3. Kepala BPBD Balikpapan: Kita jaga alam, alam jaga kita

Hujan Lima Jam di Balikpapan, Puluhan Rumah Terdampak BanjirDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno memastikan, semua titik banjir di Balikpapan sudah surut sejak tadi siang. Aktivitas kota pun telah kembali normal.

“Sempat terjadi genangan di beberapa wilayah, tapi sudah surut,” katanya saat dihubungi awak media ini.

Meski begitu, BPBD Balikpapan masih terus bersiap siaga bencana, mengingat hujan diprediksi masih akan terjadi. Suseno pun mengimbau agar seluruh masyarakat peduli terhadap lingkungannya, seperti tidak membuang sampah sembarang dan rutin membersihkan lingkungan. Karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya bencana.

“Peka dan pedulilah terhadap lingkungan di mana pun. Adakan kerja bakti untuk pembersihan saluran air, perbaiki turap-turap yang sudah lapuk, buang sampah di tempat-tempat yang telah ditentukan, pangkas pohon yang membahayakan. Kita jaga alam, alam jaga kita,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, “Infokan segera ke petugas jika mengalami atau melihat adanya bencana, agar bisa direspon dengan cepat dan tepat untuk mengurangi dampaknya,” pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran di Samarinda Hanguskan Sepuluh Bangunan, Dua Orang Terluka 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya