Comscore Tracker

Duh! Jalur Utama Samarinda-Berau Terputus, Ratusan Kendaran Mengular

Kemacetan terjadi sejak siang dan kini jalan dalam perbaikan

Samarinda, IDN Times - Petaka jalan ambles terjadi di Jalan Poros Kutai Timur-Berau pada Rabu (2/12/2020) siang. Persisnya di simpangan HTI, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutim. Gara-gara peristiwa ini kemacetan dan antrean panjang terjadi. Hingga kini jalur tersebut dalam proses perbaikan.

“Iya dari siang amblesnya. Hampir 80 persen dari badan jalan yang longsor,” terang Iptu Satria, Kapolsek Kongbeng saat dikofirmasi pada Rabu petang.

1. Jalur utama penghubung empat daerah di Kaltim

Duh! Jalur Utama Samarinda-Berau Terputus, Ratusan Kendaran MengularIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Perbaikan jalan tersebut ditangani oleh salah satu perusahaan kelapa sawit. Polsek Kongbeng pun sudah lakukan olah tempat kejadian perkara atau TKP. Antrean panjang terlihat mengular. Dari arah Berau ke Muara Wahau panjang kendaraan mencapai dua kilometer, sementara dari Kutim ke Berau 1,5 kilometer. Lintasan ini bakal menghubungkan warga yang hendak ke Samarinda-Bontang-Sangatta-Berau begitu juga sebaliknya.

“Kami lihat tadi ada ratusan kendaraan kalau digabung dua sisi, jalur ini satu-satunya akses. Tak ada jalan alternatif lagi,” imbuhnya.

Baca Juga: Ini Kisah Penggali Makam Pasien Meninggal COVID-19 di Samarinda

2. Jalur bisa digunakan tapi hanya di pinggir saja

Duh! Jalur Utama Samarinda-Berau Terputus, Ratusan Kendaran MengularKendaraan hanya bisa melintas di pinggi jalan Poros Kutai Timur-Berau yang ambles karena hujan di Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur (Dok.IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut dia menuturkan, sebenarnya kendaraan bisa saja melalui jalur ini, hanya saja hanya tak boleh lebih dari satu mobil. Tak hanya itu, setiap melintas waspada harus dijaga. Bila tidak bisa ikut terperosok masuk ke dalam tanah yang ambles.

“Kemungkinan malam ini perbaikan bisa selesai. Kami harap warga bisa bersabar,” tegasnya.

3. Minta warga lebih bersabar karena jalur dalam perbaikan

Duh! Jalur Utama Samarinda-Berau Terputus, Ratusan Kendaran MengularTruk yang tak berhasil bisa melintas di pinggir jalan Poros Kutai Timur-Berau yang ambles karena hujan di Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur (Dok.IDN Times/istimewa)

Perwira balok dua menambahkan, dari keterangan yang dihimpun dari para saksi, amblesnya jalan disebabkan karena sepekan terakhir hujan sering terjadi. Sementara di pinggir jalan tak ada saluran air. Kondisi ini mengakibatkan tanah bergeser. Dan dalam hitungan hari tanah semakin tenggelam.

“Kami sudah koordinasi dengan perusahaan yang merawat jalan. Semua material sudah dikirim, ditunggu saja pemasangan gorong-gorong. Kami harap warga bisa bersabar,” pungkasnya.

Baca Juga: Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di Kampus

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya