Kabar Baik! Warga Batu Cermin Samarinda Bakal Kebagian Air Bersih PDAM

Penantian panjang warga Batu Cermin akhirnya berakhir

Samarinda, IDN Times - Kabar baik bagi warga kawasan Batu Cermin, Kecamatan Samarinda Utara. Dalam waktu dekat Pemkot Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) berencana membangun sistem penyediaan air minum (SPAM). Maklum saja daerah ini memang jauh dari pusat kota. Jaraknya sekitar 9 kilometer (km) lebih. Sehingga persoalan air bersih kerap dikeluhkan warga.

“Usulan pembangunan SPAM Batu Cermin ini diusulkan masuk melalui APBD Perubahan 2021 sebesar Rp2,3 miliar,” ujar Nur Wahid Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda, Selasa (27/4/2021). 

1. Bakal dibangun jaringan pipa sepanjang 4,3 km untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat

Kabar Baik! Warga Batu Cermin Samarinda Bakal Kebagian Air Bersih PDAMIlustrasi air bersih (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dengan adanya rencana tersebut, tentu menjadi angin segar bagi warga Batu Cermin. Nur Wahid menerangkan, langkah pertama yang diambil adalah membangun jaringan pipa sepanjang 4,3 km untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Tak hanya itu, distribusi air bersih ini juga bisa mengalir ke sekolah dasar, puskesmas dan masjid.

“Selama ini kami hanya membantu lewat pelayanan air sumur bor, tapi itu pun tidak maksimal,” akunya.

Baca Juga: Transgender di Samarinda Bisa Buat KTP, Begini Syarat dari Disdukcapil

2. Setelah SPAM terbangun suplai air bersih ke sejumlah instalasi pengolahan air bisa dilakukan

Kabar Baik! Warga Batu Cermin Samarinda Bakal Kebagian Air Bersih PDAMIlustrasi (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Lebih lanjut dia menerangkan, setelah SPAM terbangun maka suplai air bersih ke sejumlah instalasi pengolahan air (IPA) di Bengkuring bisa dilakukan. Daya dorong instalasi ini juga akan ditambah menjadi 60 liter per detik. Dengan demikian distribusi air ke kawasan Perumahan Korpri dan Sempaja Lestari Indah bisa maksimal.

“Sedangkan untuk mendorong air ke kawasan Batu Cermin, kami harus menambah dengan jumlah kapasitas yang sama,” urainya.

3. Perlu dana sebesar Rp800 juta untuk membangun booster PDAM

Kabar Baik! Warga Batu Cermin Samarinda Bakal Kebagian Air Bersih PDAMANTARA FOTO/Arnas Padda

Dia menambahkan, untuk mendukung rencana tersebut pihaknya berencana membangun booster di lahan milik Pemprov Kaltim yang berada di SMK Pelayaran Sempaja. Nah, demi mewujudkan itu dana sebesar Rp800 juta dan juga lahan seluas 10x20 meter diperlukan.

“Kebetulan pihak sekolah juga sudah memberikan sinyal positif jika kami harus membangun di lahan yang berdekatan dengan sekolah, dengan catatan harus mengirim surat dahulu ke Pemprov Kaltim,” pungkasnya.

Baca Juga: Penanganan Banjir Samarinda Diusulkan agar Diselesaikan Pusat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya