Tiga Hari Jelang Pilkada, Semua Algaka di Samarinda Ditertibkan Aparat

Ayo memilih pemimpin dengan damai!

Samarinda, IDN Times - Dua hari lagi warga Samarinda bakal memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan. Persisnya 9 Desember 2020. Saat ini masuk masa tenang, kampanye tak lagi diperkenankan. Itu sebab sejumlah alat peraga dan atribut kampanye (algaka) para kandidat pun ditertibkan.  

"Kami akan bersihkan semua. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU agar semua pasangan calon dapat menertibkan dan membersihkan secara mandiri," ucap Abdul Muin, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Samarinda saat dikonfirmasi pada Senin (7/12/2020) sore.

1. Penertiban algaka kerja sama dengan aparat hingga tingkat kelurahan

Tiga Hari Jelang Pilkada, Semua Algaka di Samarinda Ditertibkan AparatIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Penertiban ini sesuai dengan Pasal 31 PKPU Nomor 11/2020 tentang Kampanye. Dan penertiban itu paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara. Dan agenda bersih-bersih ini telah dimulai sejak Ahad, 6 Desember 2020. Dalam prosesnya entitas penilik pesta demokrasi ini kerja sama dengan Satpol PP, TNI dan Polri membersihkan semua alat peraga kampanye. Dengan demikian sebelum pilkada semua spanduk bisa bersih dari sudut-sudut kota.

"Penertibannya dimulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan," katanya.

Baca Juga: Warga Samarinda Geram dengar Bansos COVID-19 Dikorupsi Oknum Kemensos

2. Memberikan kesempatan bagi kandidat untuk membersihkan sendiri algakanya

Tiga Hari Jelang Pilkada, Semua Algaka di Samarinda Ditertibkan AparatPenertiban algaka selama masa tenang di Samarinda oleh Bawaslu dan Satpol PP Samarinda (Dok. Humas Pemkot Samarinda/istimewa)

Pihaknya juga bakal meminta tiga pasang kandidat yang bersaing untuk membersihkan algakanya masing-masing. Baik itu pasangan Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi nomor urut satu, kemudian pasangan Andi Harun-Rusmadi berada di urutan kedua dan terakhir Zairin Zain-Sarwono dengan nomor urut tiga.

"Suksesnya Pilkada Samarinda ini tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

3. Pilkada di Samarinda harus berlangsung damai

Tiga Hari Jelang Pilkada, Semua Algaka di Samarinda Ditertibkan AparatPenertiban algaka selama masa tenang di Samarinda oleh Bawaslu dan Satpol PP Samarinda (Dok. Humas Pemkot Samarinda/istimewa)

Muin juga menambahkan setelah menenertiban algaka, pihaknya juga akan bepatroli untuk pengawasan. Dalam prosesnya pihaknya kembali melibatkan semua jajaran baik itu Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan dan Pengawas TPS. Tak hanya itu, aparat juga bakal terlibat. Baik itu Satpol PP, TNI dan Polri.

"Instruksi sudah kami berikan hingga ke pengawas TPS. Mari jaga bersama agar pilkada selalu damai," pungkasnya.

Baca Juga: JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini Hasilnya

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya