Pria Lansia Tewas Terpanggang dalam Kebakaran di Banjarmasin

5 buah rumah sisakan puing bangunan

Banjarmasin, IDN Times - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali mengalami kebakaran. Insiden tersebut terjadi di Jalan Maluku, Pasar Lama, menghanguskan lima bangunan warga dan menyebabkan seorang lansia tewas terpanggang, Selasa (4/6/2024).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 WITA, saat warga sedang lelap tidur. Karena semua bangunan terbuat dari kayu, api dengan cepat membesar, mengakibatkan seorang warga lansia tewas terpanggang.

1. Kebakaran terjadi saat kakek tidur pulas

Pria Lansia Tewas Terpanggang dalam Kebakaran di BanjarmasinIlustrasi kakek yang tidur nyenyak

Ipan, seorang warga sekitar, mengungkapkan bahwa korban tewas dalam kebakaran tersebut adalah Ahmad Asikin (64). Jasad almarhum ditemukan pagi hari dalam tumpukan puing.

Ipan menduga, korban meninggal karena terbangun saat api sudah membesar dan mengepungnya. Warga juga mengetahui bahwa kondisi kesehatan korban sebelumnya baik-baik saja.

Jasad Ahmad Asikin langsung dibersihkan dan kemudian dimakamkan tidak jauh dari lokasi kebakaran.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 4 subuh, dan seorang warga kami meninggal. Baru tadi kami makamkan di seberang jalan ini,” ucap Ipan.

Baca Juga: Target PAD Retribusi Parkir di Banjarmasin Menemui Kendala Lagi

2. Pemkot Banjarmasin salurkan bantuan

Pria Lansia Tewas Terpanggang dalam Kebakaran di BanjarmasinWakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor saat menyambangi warga korban kebakaran di Pasar Lama.

Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor bersama Dinas Sosial Kota Banjarmasin, langsung berkunjung ke lokasi kebakaran siang harinya. Mereka memberikan bantuan perlengkapan tidur dan memasak, serta memberikan uang santunan kepada para korban kebakaran.

Arifin menyatakan bahwa Pemko Banjarmasin selalu hadir saat warga dilanda musibah, seperti kebakaran di Pasar Lama. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban para korban.

Ia juga berharap agar korban yang terpaksa kehilangan tempat tinggal memiliki kesabaran yang kuat dan menerima dengan ikhlas apa yang sudah terjadi.

“Ini sedikit uluran dari kami, semoga dapat membantu. Semoga warga korban diberikan kesabaran dan ketabahan sehingga atas musibah ini bisa menjadikan mereka lebih kuat,” ucapnya.

3. Penyebab kebakaran belum diketahui

Pria Lansia Tewas Terpanggang dalam Kebakaran di BanjarmasinSisa kebakaran di Pasar Lama, Banjarmasin dibersihkan diangkut ke pikup

Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin menyatakan, bahwa musibah kebakaran terjadi menjelang adzan salat subuh sekitar pukul 04.30 WITA. Kebakaran tersebut menghanguskan lima unit rumah warga dan dua bangunan kios. Satu korban jiwa ditemukan dalam keadaan terpanggang.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti karena masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian.

“Kebakaran terjadi tadi sebelum salat subuh, menghanguskan lima rumah dan menelan satu korban jiwa. Penyebabnya masih dalam penyelidikan,” ujar Husni Thamrin.

Baca Juga: UKT ULM Banjarmasin Belum Pernah Dinaikkan selama 11 Tahun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya