TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Kaltim akan Dampingi Warganya yang Terima Kalpataru

Warga yang berjasa merintis kelola lingkungan

Presiden Joko Widodo menyerahkan Penghargaan Kalpataru kepada tokoh lingkungan Balikpapan Agus Bei. Foto Istimewa

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor akan mendampingi Jidan, Ketua Masyarakat Hukum Adat Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser. Warga ini menerima penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan diserahkan langsung Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

"Menurut catatan kami antara sepuluh sampai dua belas kali, masyarakat Kaltim menerima penghargaan Kalpataru sejak tahun 1980, dan terakhir kali tahun 2017 diterima Agus Bei dari Balikpapan, yang merupakan sosok yang aktif dalam pelestarian hutan mangrove di Balikpapan sejak 2001," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim EA Rafiddin Rizal dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Pengunjung Lapas Samarinda Selundupkan Sabu dalam Daging Gulai

1. Warga Kaltim yang berjasa dalam penyelamatan lingkungan

Rafiddin Rizal mengatakan, penghargaan Kalpataru dari Kementerian LHK untuk masyarakat Kaltim yang berjasa dalam merintis, mengabdi, serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan, sudah yang ke sekian kalinya.

Setelah jeda beberapa tahun, lanjut Rafiddin tahun 2022 ini, kembali warga Benua Etam menerima penghargaan Kalpataru yang diwakili Ketua MHA dari Paser.

2. Penyerahan penghargaan Kalpataru dalam rangka Hari Lingkungan Hidup

Anugerah Lingkungan Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup 2021 (Proper 2021) peringkat Proper Emas di Istana Wakil Presiden RI Jakarta (Dok. Pertamina)

Memang tiap tahun, lanjut Rafiddin ada penyerahan penghargaan Kalpataru dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, kepada orang untuk kategori perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan dan pembina lingkungan.

"Tahun 2022 ini, kita usulkan ada sembilan calon penerima Kalpataru, dari sembilan itu yang beruntung mendapatkan penghargaan dari presiden adalah Ketua Masyarakat Hukum Adat Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser Provinsi Kaltim," tandasnya.

Baca Juga: Sidak SPBU di Samarinda, Polisi Amankan Enam Motor Modifikasi

Berita Terkini Lainnya