TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Kaltim Salurkan Bantuan Korban Banjir di Long Kali Paser

Genangan air banjir di Paser sudah mulai surut

Ratusan hektar sawah di desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, PPU terendam banjir (IDN Times/Ervan)

Samarinda, IDN Times - Melanjutkan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah selatan, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor juga memantau bencana banjir di Long Kali Kabupaten Paser. Gubernur lantas menyerahkan bantuan, kali ini kepada warga terdampak banjir di Kelurahan Long Kali Kabupaten Paser, Kamis 14 Oktober 2021.

Bantuan korban terkena musibah banjir ini dialokasikan melalui APBD pada Dinas Sosial Kaltim dengan total anggaran Rp11.462.500.

"Kita harapkan bantuan ini bisa direalisasikan dengan baik dan dimanfaatkan kepada mereka yang terdampak," kata Isran Noor didampingi Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma (AHK) yang diterima Bupati Paser dr H Fahmi dan Wakil Bupati Hj Syarifah Mashitah Assegaf dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

Baca Juga: Akses Terputus Banjir, Paser Pakai Helikopter untuk Salurkan Logistik

1. Isran meminta warga Paser tak mempersoalkan besaran nilai bantuan

Isran berpesan bantuan yang diberikan agar diterima dengan baik. Apa pun jumlah atau isi bantuannya dapat mengurangi beban dan dipermasalahkan yang dialami.

Karena, bantuan ini sebagai bukti kepedulian Pemprov kepada warga Long Kali.

"Ini bentuk perhatian Pemprov kepada warga kabupaten dan kota yang terdampak banjir," ungkapnya. 

2. Sungai Long Kali meluap membanjiri wilayah di Paser dan Penajam

Proses distribusi logistik ke titik lokasi banjir di Kabupaten Paser Kaltim. Foto istimewa

Paser sedang dilanda banjir akibat meluapnya aliran Sungai Long Kali selama sepekan terakhir. Air membanjiri sejumlah desa di Kecamatan Long Kali hingga meluas memasuki Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser Salman mengatakan berupaya menyalurkan logistik bantuan dengan berbagai cara, di antaranya lewat jalur udara. Pesawat helikopter sudah diterbangkan membawa bantuan logistik ke Desa Telake bagi 225 jiwa warga setempat. 

Baca Juga: Banjir Rendam Puluhan Hektar Lahan Pertanian Penajam Paser Utara

Berita Terkini Lainnya