TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapal Pengangkut Sembako Tenggelam di Perairan Sebatik Nunukan

Kapal pecah menghantam bagang milik nelayan

Kapal mengalami kecelakaan laut di perairan Sebatik Nunukan Kalimantan Utara, Sabtu (25/12/2021). Foto istimewa

Balikpapan, IDN Times - KM Sinar Mulya 06  rute Tarakan-Nunukan dilaporkan mengalami kecelakaan laut di perairan Sungai Taiwan Sebatik Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (25/12/2021) pukul 16.30 Wita. Kapal mengangkut sembako dan beberapa sepeda kendaraan roda ini karam. 

"Kapal ini berangkat dari Tarakan dengan tujuan Nunukan tenggelam di Perairan Sebatik," kata Kasat Polair Polres Nunukan Inspektur Satu Mujianto saat dihubungi, Senin (27/12/2021). 

Baca Juga: Hajar Anggotanya hingga Tersungkur, Kapolres Nunukan Dicopot 

1. Kapal menghantam bagang milik nelayan

Kapal mengalami kecelakaan laut di perairan Sebatik Nunukan Kalimantan Utara, Sabtu (25/12/2021). Foto istimewa

Mujianto mengatakan, kapal motor ini diduga menghantam bagang atau tiang pancang milik nelayan. Posisi perairan yang surut menyebabkan dasar kapal pecah terkena bagang. 

Lambung kapal langsung pecah menghantam bagang sehingga membuat air memenuhi buritan. Akibatnya, kapal yang penuh muatan sembako itu langsung miring ke kiri karena kemasukan air hingga karam, tidak hanya itu muatan yang ada akhirnya berhamburan ke laut.

"Sebelum kapal miring dan muatannya tumpah ke laut, sebenarnya salah satu anak buah kapal (ABK) sempat menghubungi kapal lain untuk meminta bantuan, hanya saja kapal yang diminta bantuan tidak datang karena membawa muatan pisang," ungkapnya.

2. Proses penyelamatan awak kapal

Kapal mengalami kecelakaan laut di perairan Sebatik Nunukan Kalimantan Utara, Sabtu (25/12/2021). Foto istimewa

Hanya sebuah kapal nelayan berukuran kecil yang datang memberikan pertolongan. Proses pertolongan diutamakan pada para awak kapal sedangkan muatan terpaksa ikut karam ke dalam perairan laut. 

Pemilik kapal pun menghubungi pihak Polair Polres Nunukan dan TNI AL guna memperoleh bantuan. Personel Polri dan TNI AL ini berada di Pulau Sebatik Nunukan. 

"Setelah menerima laporan, anggota Polair Polres Nunukan langsung ke lokasi, hanya saja setiba di lokasi kejadian kapal sudah dalam kondisi karam dan muatannya berserakan di laut," bebernya. 

"Untuk proses evakuasi itu pun kita lakukan hingga tengah malam, dikarenakan banyaknya muatan sembako yang berhamburan ke laut," tambahnya.

Baca Juga: Mabuk Minuman Keras, Remaja di Nunukan Digilir hingga Hamil 

Berita Terkini Lainnya