Comscore Tracker

Polres PPU Siapkan Pengamanan Kunjungan Jokowi ke Ibu Kota Baru

Jokowi berencana ke Penajam Paser Utara pada 17-19 Desember

Penajam, IDN Times - Kapolres Penajam Paser Utara (PPU), AKBP M. Dharma Nugraha, mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan pengamanan kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN) pada 17 hingga 19 Desember 2019.

"Kami baru mendapatkan informasi kalau bapak presiden selain meresmikan jalan tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) juga melakukan kunjungan ke lokasi (IKN) dan pelaksanaannya pada 17 hingga 19 Desember ini," katanya disela - sela kegiatan Kopi Bareng di PPU, Jumat (13/12).

Dibeberkan Dharma, dirinya baru saja mendapatkan kabar saat dilakukan video teleconference  bersama Panglima TNI, Kapolri, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dihadiri pula Pangdam VI/Mulawarman serta Kapolda Kaltim.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan Polda Kaltim terkait rencana pengamanan kunjungan RI 1 ke lokasi calon ibu kota," tuturnya.

1. Polres PPU siapkan rencana pengamanan

Polres PPU Siapkan Pengamanan Kunjungan Jokowi ke Ibu Kota BaruKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha saat memberikan keterangan pers kepada awak media terkait rencana kunjungi RI 1 ke PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dharma mengungkapkan, Polres PPU sebagai satuan wilayah tentu akan membuat rencana pengamanan, meskipun telah ada prosedur pengamanan dan pengawalan untuk presiden, tetapi pihaknya yang ada di wilayah sasaran kunjungan tentu juga harus membuat rencana pengamanan.

"Nanti kami akan berkoordinasi dengan Polda Kaltim dalam hal ini Karo Ops Polda, sebab kami merupakan bagian dalam rencana pengamanan bapak presiden. Tetapi kita belum mengetahui titik titik mana yang dikunjungi di wilayah PPU," beber Dharma.

Baca Juga: Wacana UN Dihapus, Disdik Balikpapan Menunggu Regulasi dari Pusat 

2. Akan direncanakan apel kesiapan pengamanan

Polres PPU Siapkan Pengamanan Kunjungan Jokowi ke Ibu Kota BaruMapolres PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, tambahnya, hasil dari video teleconference hari ini, akan direncanakan apel kesiapan pengamanan.

Pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono. Dharma juga belum dapat memastikan berapa jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan RI 1 tersebut.

3. Umumnya disiapkan separuh kekuatan yang dimiliki Polda Kaltim

Polres PPU Siapkan Pengamanan Kunjungan Jokowi ke Ibu Kota BaruPersonel Polres PPU yang disiapkan melaksanakan Pengamanan RI 1 di calon ibu kota baru (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dharma menjelaskan meskipun belum mengetahui jumlah pasti personel yang akan ditugaskan, namun pada umumnya dalam rangka pengamanan kepolisian dapat menyiapkan hingga separuh kekuatan yang dimiliki Polda Kaltim.

Sedangkan dari Polres PPU sendiri sekitar 120 orang personel minimal atau 1 SSK akan diturunkan. Selain itu, kegiatan pengawalan dan pengamanan RI 1 satu pasti juga melibatkan personel TNI.

Dharma menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan seluruh personel Polres PPU. Jadi tidak menunggu diperintah, dengan asumsi kunjungan ke Kecamatan Sepaku.

"Kita yang mengetahui wilayah penggal jalan ada di mana, kemudian titik - titik rawan, untuk parkir kendaraan, kemudian koordinasi masalah escape atau penyelamatan," jelasnya. 

Baca Juga: Anggota Polisi di Penajam Kendalikan Peredaran Narkoba 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya