Guna Validasi Data, BKKBN Gelar Pendataan Keluarga di Balikpapan

Pendataan keluarga dilaksanakan pada 1 April - 31 Mei 2021

Balikpapan, IDN Times - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan pendataan keluarga pada 1 April - 31 Mei 2021. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjadi orang pertama di Kota Minyak ini yang didata oleh para petugas pada Kamis (1/4/2021).

Rizal mengatakan, "Baru saja saya dan keluarga di data oleh kader pendata sebagai bentuk komitmen pada Pendataan Keluarga 2021. Kepada seluruh masyarakat, saya minta untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan ini," ungkapnya usai divaksinasi di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan melalui rilis.

1. Pendataan keluarga untuk validasi data penduduk

Guna Validasi Data, BKKBN Gelar Pendataan Keluarga di BalikpapanWali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat pendataan keluarga oleh BKKBN pada 1 April 2021 (Dok. Diskominfo Balikpapan)

Pendataan keluarga bermanfaat sebagai validasi data yang bertjuan untuk pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pendataan ini dilaksanakan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan: Stok Terbatas, Tingkat Vaksinasi COVID-19 Rendah

2. Warga diimbau memberikan data yang benar

Guna Validasi Data, BKKBN Gelar Pendataan Keluarga di BalikpapanWali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat pendataan keluarga oleh BKKBN pada 1 April 2021 (Dok.Diskominfo Balikpapan)

Rizal mengimbau warga untuk memberikan informasi yang benar, sehingga data yang dihasilkan akurat sesuai nama dan alamat. Hal ini penting untuk pembangunan Kalimantan Timur.

"Kepada seluruh elemen yang bertugas dalam Pendataan Keluarga 2021, mulai dari manajer pengelolaan, manajer data, supervisor, hingga kader pendata di seluruh Kaltim, saya minta dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh integritas, transparan, dan akuntabel," ungkapnya.

3. Petugas agar menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan pendataan keluarga

Guna Validasi Data, BKKBN Gelar Pendataan Keluarga di BalikpapanInfografik Cara Menggunakan Masker yang Baik. IDN Times/Sukma Shakti

Selain itu, Rizal juga pun berpesan agar petugas memastikan penerapan protokol kesehatan  pada saat melaksanakan Pendataan Keluarga 2021.

"Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer pada saat bertugas. Berencana itu keren," kata Rizal.

Baca Juga: Bandara dan Pelabuhan di Balikpapan, Terapkan GeNose saat COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya