3.000 Personil Polda Kaltim Dapat Suntikan Vaksin astraZeneca

Seluruh personil polisi menerima vaksinasi

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar vaksinasi perdana astraZeneza bagi 3 ribu anggotanya. Pelaksanaan vaksin dilaksanakan serentak di 34 Polda seluruh Indonesia bagi 125 ribu personil polisi

"Pemberian vaksin ini untuk yang keempat kalinya bagi personel Polri, dan pertama untuk vaksin astraZeneca, khusus Polda Kaltim dan jajaran dapat jatah sebanyak 3.000 orang," kata Waka Polda Kaltim Brigadir Jenderal Polisi Heriyanto disela-sela kunjungannya dalam pelaksanaan pemberian vaksin di BSCC Dome Balikpapan, Selasa (30/3/2021).

1. Personil polisi menerima vaksin astraZeneca

3.000 Personil Polda Kaltim Dapat Suntikan Vaksin astraZenecaProses vaksinasi personil Polda Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Heriyanto mengatakan, seluruh anggotanya secara sadar menerima vaksinasi jenis astraZeneca. Meskipun sebelumnya, MUI sempat mengumumkan vaksin jenis ini  mengandung tripsin atau enzim babi dan dinyatakan haram. 

Namun dalam prosesnya, MUI tetap mengizinkan dengan alasan dalam kondisi darurat. 

"Tidak ada penolakan dari anggota yang diberi vaksin sejauh ini, mereka bahkan berdatangan sesuai jadwal penyuntikan yang diberikan," ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan: Stok Terbatas, Tingkat Vaksinasi COVID-19 Rendah

2. Polda Kaltim suntikan 500 anggota

3.000 Personil Polda Kaltim Dapat Suntikan Vaksin astraZenecaVaksinasi personil Polda Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kabidokes Pold Kaltim Kombes Polisi Prima Heru Yulihartono mengatakan, vaksinasi astraZeneca hari pertama diberikan bagi 500 personil polisi. Mereka berasal dari pelbagai kesatuan di antaranya Brigadir Mobil, Sabhara, Lalu Lintas, dan Intelijen.

"Selama pemberian vaksin sampai saat ini tidak ada yang mengalami KIPI, dan untuk pemberian vaksin astraZeneca ini akan dilaksanakan Polda dan jajaran kewilayahan selama 3 hari," ujarnya.

Sebelumnya, kata Prima, Polda Kaltim mendapatkan sebanyak 6.000 dosis, dan sudah dilaksanakan di Polda kepada 600 orang dan jajaran 4.000 orang.

"Khusus untuk astraZeneca ini, Polda Kaltim dapat 300 fail atau untuk 3.000 orang karena satu botol bisa digunakan untuk 10 orang," tegasnya.

3. Suntikan tahap kedua dilaksanakan 8 minggu lagi

3.000 Personil Polda Kaltim Dapat Suntikan Vaksin astraZenecaWaka Polda Kaltim Brigjen Polisi Heriyanto didampingi Kabidokes Polda Kaltim Kombes Polisi Prima Heru Yulihartono bersama anggota Polda Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Ditambahkan prima, untuk pemberian vaksin astraZeneca ini akan diberikan lagi suntikan kedua setelah 8 minggu ke depan atau 2 bulan ke depan.

"Suntikan kedua akan diberikan dengan vaksin yang sama untuk 8 minggu ke depan," jelasnya.

Dalam pemberian vaksin ini, lanjutnya, Polda Kaltim melibatkan vaksinator dari Bidokes, RS Bhayangkara,dan klinik-klinik yang ada. 

Baca Juga: Satgas COVID-19 Tingkat RT di Balikpapan akan Dapat Bantuan Rp2 Juta

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya