Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan, Ratusan Pekerja Dievakuasi

Pekerja kilang sempat dievakusi

Balikpapan, IDN Times - Kilang Pertamina Refinery Unit V Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami musibah kebakaran di cooler box atau bagian bak pendingin air yang menyebabkan pekerja di kawasan kilang dievakuasi keluar kilang.

"Kejadian percikan api tersebut terjadi di lokasi yang tidak terkait langsung dengan proses produksi kilang, sehingga operasional tidak ada yang terhenti," ujar
Area Manager Communication Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikapan Ely Chandra Perangin-Angin, Jumat (26/3/2021). 

1. Percikan api terjadi di area bak pendingin

Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan, Ratusan Pekerja DievakuasiKebakaran kilang minyak Pertamina Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Chandra mengatakan, percikan api sempat terjadi di area cooler box (bak pendingin air) Kilang RU V Balikpapan yang terjadi sekitar pukul 08.42 WITA. Percikan tersebut berhasil dipadamkan sekitar 25 menit kemudian dengan menggunakan empat armada trailer foam.

"Pemadaman telah selesai dilakukan, dan saat ini sedang dalam proses pendinginan di lokasi kebakaran" jelasnya.

Baca Juga: Balikpapan Youth Spirit, Komunitasnya Anak Muda Cinta Balikpapan

2. Tim Pertamina RU V lakukan investigasi

Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan, Ratusan Pekerja DievakuasiWilayah evakuasi Pertamina Balikpapan Kaltim (IDN Times/Hilmansyah)

Saat ini tim dari Pertamina RU V Balikpapan, kata Chandra sedang melakukan investigasi untuk memastikan penyebab terjadinya percikan api.

"Tim Pertamina RU V juga melakukan monitoring di lingkungan sekitar kilang, dan kami berterima kasih aktivitas masyarakat tetap waspada namun aktivitas masyarakat berjalan  normal" jelasnya.

3. Pekerja kilang sempat dievakusi.

Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan, Ratusan Pekerja DievakuasiEvakuasi para pekerja di pembangunan kilang Pertamina Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, sebelumnya asap tebal terlihat membumbung tinggi dari kawasan kilang minyak Pertamina, pada Jumat (26/3/2021) pagi sekitar pukul 08.50 Wita.

Sejumlah pekerja RDMP pun sempat dievakuasi ke muster point yang berada di dekat Pintu 5 Pertamina.

"Kebakaran mas. Di tengah posisinya. Infonya ada tangki yang terbakar," ujar salah seorang pekerja Pertamina RU V Balikpapan Sofyan.

Jalan Minyak juga sempat ditutup bagi warga yang melintas, sejumlah security tampak berjaga dan meminta warga untuk berbalik arah.

"Maaf pak jalan kami tutup dulu ada kejadian. Kebakaran," tegasnya.

Baca Juga: Balikpapan Masuk Nominasi Kota Wawasan Lingkungan di ASEAN

Topik:

  • Sri Wibisono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya