Lima Hari Hilang, Jasad Pelajar Balikpapan Ketemu di Gorong-gorong 

Evakuasi dari gorong-gorong alami kendala

Balikpapan, IDN Time - Seorang pelajar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) inisial HD (18) ditemukan tidak bernyawa di dalam gorong-gorong Jalan Siaga Kelurahan Damai pada Selasa (6/4/2021) pukul 02.00 Wita. Korban sempat lima hari dilaporkan hilang oleh pihak keluarga ke Polresta Balikpapan. 

Sebelumnya, keluarga sudah mencari korban sejak Jumat (2/4/2021) lalu. Lantaran tidak ada kabar, mereka pun akhirnya mendatangi kantor kepolisian untuk membuat laporan orang hilang.

1. Kendaraan korban diposting di sosial media

Lima Hari Hilang, Jasad Pelajar Balikpapan Ketemu di Gorong-gorong Ilustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Baru-baru ini, warganet di Balikpapan heboh dengan penemuan kendaraan berikut helm korban. Personil Detasemen Intel Kodam Mulawarman menemukan barang tersebut di Jalan Siaga. 

Berbekal informasi itu,  paman korban Marman Danton lantas mendatangi Markas Den Intel Kodam Mulawarman pada Selasa (6/4/2021) pukul 01.00 WIta. Tujuannya untuk mempertanyakan perihal penemuan kendaraan dan helm milik korban. 

Pihak Intel TNI ini menjelaskan, penemuan sepeda motor dan helm pada tanggal Jumat lalu. Saat ini di area Jalan Siaga terdengar suara bising knalpot sepeda motor di mana pengemudinya tidak ada. 

"Serta dijelaskan jika pada Jumat (2/4/2021) lalu terdengar suara knalpot nyaring, itu pas hujan deras dan banjir. Didatangi cuma ditemukan motor dan helm.  Orangnya enggak ada. Maka diamankan motor dan helm di piket," ujar Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi melalui Kapolsek Balikpapan AKP Agung Nursapto. 

Baca Juga: Belum Tuntas, 3 Tahun Petaka Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan

2. Korban dicari dengan menyisir parit dan gorong-gorong

Lima Hari Hilang, Jasad Pelajar Balikpapan Ketemu di Gorong-gorong Proses evakuasi jenazah korban di gorong-gorong Jalan Siaga Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Pihak keluarga, rekan-rekan korban, piket Den Intel, dan warga lantas menyisir kembali di lokasi penemuan barang bukti sepeda motor. Fokus pencarian dipusatkan di parit dan gorong-gorong di sekitar Jalan Siaga. 

"Warga bernama Slamet Hariono melihat  dalam selokan kelihatan pantat korban dan terlihat kepala korban serta bau yang menyengat," jelas Kapolsek Balikpapan Selatan.

Setelah korban ditemukan dalam keadaan mengapung di gorong-gorong, pihak keluarga dan warga pun melaporkan ke pihak kepolisian. Proses evakuasi korban lantas dilakukan. 

"Pukul 02.45 Wita KSPKT Polresta Balikpapan beserta piket fungsi serta piket identifikasi (Inafis) dan piket SPK Polsekta Balikpapan Selatan mendatangi TKP Untuk melakukan olah TKP, identifikasi dan evakuasi terhadap Korban," tambah Agung.

3. Evakuasi korban mengalami kendala

Lima Hari Hilang, Jasad Pelajar Balikpapan Ketemu di Gorong-gorong Evakuasi jenazah korban dari gorong-gorong Jalan Siaga Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sekitar pukul 03.00 Wita SAR Brimobda Kaltim, Basarnas, BKPB KNPI, BPBD, Rescue IEA, Rescue PP, Rescue Koppad Borneo, Rescue Garuda, Rescue MRC dan relawan Info Bencana tiba di TKP dan membantu proses evakuasi korban. Sempitnya gorong-gorong dan kerasnya cor-coran sempat membuat tim evakuasi kesulitan menjangkau jasad korban.

Hingga pada pukul 05.16 Wita, jasad korban dapat dievakuasi dari dalam gorong-gorong dan kemudian pukul 05.26 Wita korban dibawa ke RS Kanudjoso Djatiwibowo. 

"Setelah berhasil dievakuasi jasad korban langsung dibawa ke RSKD untuk dilakukan visum atau autopsi guna untuk mengungkap atau memastikan penyebab kematian korban," tutup Kapolsek Balikpapan Selatan.

Baca Juga: Kunjungi Balikpapan, Mendikbud : Pembelajaran Langsung Segera Digelar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya