Relawan RMC Cetuskan Gerakan Gotong Royong Lawan Corona di Kaltim

Bantu keluarga pasien corona dan bikin 34 tempat cuci tangan

Balikpapan, IDN Times – Wabah penyakit virus corona atau COVID-19 yang terus meningkat di Kota Balikpapan membuat keprihatinan relawan yang tergabung dalam Yayasan Rahmad Masud Center (RMC) untuk memberikan bantuan melalui program “Gotong Royong Lawan Corona” dengan slogan “Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing”.

“Peningkatan jumlah pasien yang dinyatakan positif terangkit virus corona menjadi keprihatinan kami sehingga kami menggagas gerakan “Gotong Royong Lawan Corona” ini yang tujuannya mengajak semua pihak untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memerangi penyakit yang mematikan ini,” ujar Rahmad Mas'ud yang merupakan Pembina Yayasan RMC, Selasa (24/3).

1. RMC akan bantu keluarga pasien positif corona

Relawan RMC Cetuskan Gerakan Gotong Royong Lawan Corona di KaltimWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan pembina Yayasan Rahmad Masud Center (IDN Times/Hilmansyah)

Warga yang terjangkit virus corona, sesuai prosedur penanganan, akan menjalani isolasi dan tidak bisa bekerja di luar rumah. Untuk itu RMC akan memberikan bantuannya bagi keluarga pasien yang dinyatakan positif virus corona ataupun dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“RMC akan beri bantuan berupa sembako mulai dari beras, gula, minyak goreng dan lainnya bagi keluarga pasien virus corona yang dinyatakan positif ataupun yang dinyatakan PDP,” ujar Rahmad Masud.

2. Dokter dan perawat akan diberikan vitamin dan suplemen tambahan

Relawan RMC Cetuskan Gerakan Gotong Royong Lawan Corona di KaltimPembuatan sarana untuk cuci tangan guna mencegah penyebaran virus corona di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Relawan RMC juga akan memberikan bantuan vitamin dan suplemen kesehatan bagi para tenaga medis yang menjadi pahlawan yang berada di garda terdepan melawan virus corona ini.

“Kami mendapatkan keluhan dari para dokter dan perawat, di mana selama bertugas merawat pasien corona di sejumlah rumah sakit, selain kekurangan APD dan kelengkapannya, mereka juga memerlukan kondisi yang tetap prima agar tidak terjangkit virus corona, untuk itu RMC juga akan memberikan bantuan vitamin dan supplement untuk menjaga kebugaran tubuh,” ujar Rahmad Masud

Baca Juga: [Update] Positif Virus Corona Tetap 6 Orang dan 676 ODP di Balikpapan

3. Bantu pemerintah dengan membuat 34 tempat cuci tangan portabel

Relawan RMC Cetuskan Gerakan Gotong Royong Lawan Corona di KaltimPembuatan sarana untuk tempat cuci tangan untuk pencegahan virus corona di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Mereka juga menyediakan sejumlah tempat cuci tangan portabel yang ditempatkan di sejumlah titik di Kota Balikpapan. 

”Cuci tangan selama 20 detik efektif membunuh virus dan kuman, untuk itulah RMC membuat sebanyak 34 buah tempat cuci tangan portabel gratis yang akan ditempatkan di tempat tempat keramaian seperti pasar, pusat layanan dan tempat ibadah. Tempat cuci tangan juga dilengkapi dengan sabun dan tisu untuk pengeringnya,” ujar Rahmad

Baca Juga: Wabah Corona, Polisi di Balikpapan Patroli agar Warga Tak Berkerumun

Topik:

  • Mela Hapsari
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya