Comscore Tracker

Safari Ramadhan, Wawali Balikpapan Ingatkan Warga Agar Tak Mudik

Zakat fitrah ditetapkan Rp40 ribu per jiwa

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan menggelar Safari Ramadan. Kegiatan pertama dalam Safari Ramadan tahun ini dilaksanakan di Masjid Muhammad Cheng Hao, Jalan Mulawarman RT 17 Kelurahan Lamaru Balikpapan Timur. 

Safari Ramadan menjadi ajang untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah selama bulan suci Ramadan ke masjid-masjid di Kota Balikpapan.

“Ada beberapa kegiatan yang diperbolehkan selama Ramadan, namun dengan catatan protokol kesehatan tetap dijalankan. Kami juga ingatkan untuk tidak mudik, " ujar Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Rabu (21/4/2021) di Masjid Muhammad Cheng Hao.

1. Wakil Wali Kota Balikpapan ingatkan kegiatan di masjid diizinkan dengan kapasitas 50 persen

Safari Ramadhan, Wawali Balikpapan Ingatkan Warga Agar Tak MudikKegiatan Safari Ramadan oleh Pemkot Balikpapan di Masjid Muhammad Cheng Hao 21 April 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, yang didamping sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, serta Kepala Kemenag Kota Balikpapan.

Ia menegaskan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti tarawih maupun tadarus diizinkan dilaksanakan di masjid. “Tapi ingat tetap menerapkan prokes dan dengan kapasitas maksimal 50 persen,” tegasnya.

Rahmad Masud menambahkan, Pemkot Balikpapan juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait pengaturan kegiatan selama bulan suci Ramadhan salah satunya tentang Pasar Ramadan yang kembali diperbolehkan dan diakomodir pihak LPM serta kecamatan.

Baca Juga: Larangan Mudik, Pemkot Balikpapan Awasi Pintu Masuk dan Pemudik

2. PPKM Mikro masih berlangsung hingga 24 April 2021

Safari Ramadhan, Wawali Balikpapan Ingatkan Warga Agar Tak MudikIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Rahmad Masud menambahkan, Pemkot Balikpapan juga saat ini telah memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro Jilid 4 mulai 11 - 24 April 2021 mendatang.

"Untuk PPKM berbasis mikro, kita anggap cukup efektif dalam menurunkan angka penyebaran COVID-19 di Kota Balikpapan, sehingga kita kembali perpanjang untuk keempat kalinya," ujar Rahmad.

Selain itu, program vaksinasi COVID-19 juga masih terus berjalan dan menurut Rahmad sudah ada 30.443 warga kota Balikpapan yang divaksinasi.

“Tenaga kesehatan, pemberi layanan publik, lansia dan Guru merupakan kelompok warga yang diutamakan dalam vaksinasi ini. Dan saat ini sudah ada sebanyak 13.690 diantaranya sudah melakukan penyuntikan vaksin dosis kedua," jelasnya

3. Zakat fitrah ditetapkan 40 ribu perjiwa

Safari Ramadhan, Wawali Balikpapan Ingatkan Warga Agar Tak Mudikmuslimaidusa.org

Kemudian, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan, sambungnya, sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat muslim.

“Kemenag sudah menetapkan besaran zakat fitrah senilai Rp40ribu  per jiwa atau 3 kg beras per jiwa untuk tahun ini,” ujarnya.

Rahmad masud juga meminta warga untuk menunaikan zakat fitrah sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Di bulan suci Ramadan ini juga, Rahmad juga mengingatkan warga agar selalu menjaga toleransi antar umat beragama

Pemkot Balikpapan juga menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid Muhammad Cheng Hao, yang diantaranya Alquran serta peralatan salat.

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Layani Tes GeNose Mulai Hari Ini

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya