Stok Darah PMI Menipis Akibat COVID-19, Polda Kaltim Gelar Donor Darah

TNI/Polri sumbangkan darah untuk kemanusiaan

Balikpapan, IDN Times – Polda Kalimantan Timur didukung Kodam VI/Mulawarman menggelar bakti sosial donor darah di Ruang Mahakam Polda Kaltim. Kegiatan ini untuk memenuhi kekurangan stok darah di Kantor PMI Kota Balikpapan. Pasokan darah di PMI menipis karena pandemi COVID-19, sehingga kegiatan donor darah oleh masyarakat tidak dapat dilaksanakan.

“Kekurangan darah di PMI Kota Balikpapan mudah-mudahan bisa terpenuhi dengan kegiatan donor darah yang dilakukan TNI/ Polri ini,” ujar Kapolda Kaltim Irjen Polisi Muktiono, usai mendonorkan darahnya di Aula Mahakam Polda Kaltim, Senin (13/4).

1. Total pendonor sebanyak 232 personel

Stok Darah PMI Menipis Akibat COVID-19, Polda Kaltim Gelar Donor DarahPolda Kaltim dan Kodam VI/ Mulawarman donor darah untuk stok PMI (IDN Times/Hilmansyah)

Pelaksanaan donor darah ini tidak hanya dilakukan di Polda Kaltim, namun juga dilaksanakan di satuan-satuan kewilayahan yang dipimpin masing-masing Kasatwil seperti di Kota Samarinda dan Balikpapan.

“Sampai saat ini untuk Polda Kaltim sudah ada sebanyak 232 personel yang mendonorkan darahnya, mereka ini terdiri dari sebanyak 52 personel dari Polairud, 52 personel dari Polresta Samarinda, 58 personel Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim sendiri sebanyak 70 personel,” ujar Muktiono.

Baca Juga: Cegah Pandemi COVID-19, Polda Kaltim Imbau Warga Tak Mudik

2. Polres lain yang belum melaksanakan donor darah akan segera menyusul

Stok Darah PMI Menipis Akibat COVID-19, Polda Kaltim Gelar Donor DarahPolda Kaltim dan Kodam VI/Mulawarman gelar donor darah untuk penuhi kekurangan stok darah di PMI (IDN Times/Hilmansyah)

Meski saat ini hanya baru dua polres di Kaltim yang sudah melaksanakan bakti sosial donor darah, namun Kapolda Kaltim Irjen Polisi Muktiono menegaskan dalam dekat polres lainnya akan segera menyusul.

“Polres lain akan menyusul melaksanakan bakti sosial donor darah, bahkan Satbrimob Polda Kaltim yang akan mendonorkan ada sebanyak 70 personel, kemudian untuk tahap ke-2 Polda Kaltim juga menambah pendonor sebanyak 70 orang personel.” Jelas Kapolda.

3. Kodam VI/Mulawarman sebelumnya sudah menggelar donor darah yang diikuti sebanyak 680 personel

Stok Darah PMI Menipis Akibat COVID-19, Polda Kaltim Gelar Donor DarahIDN Times/Maulana

Kodam VI Mualawarman sendiri sebelumya sudah melaksanakan donor darah pekan lalu untuk menambah stok darah di PMI Kota Balikpapan. Stok darah amat diperlukan bagi pasien darurat yang memerlukan transfusi secepatnya. Darah bagi sesama yang memerlukan dapat membantu menyelamatkan nyawa. 

“Sudah ada 680 personel yang mendonor, inipun masih ada satuan – satuan yang belum melakukan aksi bakti sosial, untuk wilayah Kaltara dan Kalsel, sehingga jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah, “ ujar Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta.

Baca Juga: Atasi Kekurangan Pasokan saat Wabah COVID-19, Prajurit TNI Donor Darah

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya