Berau Coal Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Award 2023

Dedikasi penuh jalankan program CSR  

Balikpapan, IDN Times - PT Berau Coal memperoleh penghargaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Perusahaan menjadi pilar bisnis Sinar Mas di sektor tambang batu bara tersebut meraih penghargaan tertinggi atau Star 5 dalam TOP CSR Awards 2023.

Dalam keterangan tertulis, acara tahunan penghargaan CSR terbesar dan bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business.

Perusahaan-perusahaan yang meraih penghargaan tertinggi ini dinilai sangat mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Selaras di antara program corporate social responsibility (CSR) dengan strategi pertumbuhan bisnis perusahaan serta inisiatif CSR juga telah mengadopsi konsep CSV (creating shared value) dan ISO 26000 SR.

Inisiatif CSR perusahaan juga layak dijadikan contoh bagi perusahaan lainnya.

Dalam acara puncak penghargaan yang berlangsung di Dian Ballroom, Hotel Raffles Jakarta, Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal Arief Wiedhartono juga menerima penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2023.

Ia dianggap mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR perusahaan. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 600 orang dari berbagai kalangan, termasuk para CEO/pimpinan perusahaan dari berbagai sektor yang memenangkan penghargaan tersebut.

1. TOP CSR Awards 2023

Berau Coal Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Award 2023PT Berau Coal mendampingi komunitas adat terpencil Suku Dayak Punan Basap menghasilkan madu berkualitas dengan kemasan yang menarik. Foto Berau Coal

TOP CSR Awards 2023 mengusung tema "CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth" artinya CSR tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan saja, namun CSR harus selaras dengan strategi bisnis.

Para pemenang dinilai berdasarkan ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), dan strategi bisnis. Ini menunjukkan bahwa PT Berau Coal telah melampaui harapan dalam menerapkan praktik CSR yang berkelanjutan.

Memberikan sambutan pada acara puncak Top CSR Awads 2023 tersebut, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial, mengatakan bahwa CSR merupakan pertanggungjawaban yang harus dilakukan melalui berbagai program kemasyarakatan.

“Sehingga, ada dampak ekonomi dan lain-lain atau pun mendukung pembangunan berkelanjutan,” katanya, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Pertamina Balikpapan Gandeng Komunitas dalam Kegiatan Bersih Pantai 

2. Memberikan manfaat dan kontribusi dalam perbaikan lingkungan

Berau Coal Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Award 2023Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar bersama Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia, Barth Eide lakukan penanaman mangrove di Sotek, PPU, Minggu (11/9/2022) (IDN Times/Fatmawati)

Menyusul pernyataan tersebut, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Reliantoro menekankan, bahwa bisnis memiliki peran penting untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan berkontribusi dalam upaya memperbaiki lingkungan.

Ia menggambarkan CSR sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dalam lingkungan tersebut. Selain itu, masyarakat juga perlu diberdayakan melalui pendidikan agar dapat belajar mengatasi masalah-masalah jangka panjang yang dihadapi.

“Proses CSR ini adalah proses belajar. Kami di program PROPER mendorong program pembelajaran tersebut, membuat sistem yang kita belajar membuat orang lain belajar, artinya tidak hanya perusahaan yang belajar, masyarakat yang dibina pun juga belajar.” jelas Sigit.

3. Mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan

Berau Coal Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Award 2023PT Berau Coal mendampingi komunitas adat terpencil Suku Dayak Punan Basap menghasilkan madu berkualitas dengan kemasan yang menarik. Foto Berau Coal

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2023, M Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, menjelaskan tujuan dari ajang penghargaan ini mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi dan membanggakan di Indonesia.

Diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas.

Ajang penghargaan tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2017 tersebut, diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan berbagai lembaga terkemuka di Indonesia, antara lain Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi CSR Indonesia, Corebest (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), Interdev (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/ Konsultan GCG), SGL Management (Konsultan Manajemen dan Bisnis), Solusi Kinerja Bisnis (SKB), serta asosiasi wartawan CSR Indonesia.

4. Konsistensi Berau Coal meraih penghargaan CSR

Berau Coal Raih Penghargaan Tertinggi TOP CSR Award 2023PT Berau Coal memperoleh penghargaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Kamis (8/6/2023). Foto istimewa

Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal Arief Wiedhartono mensyukuri konsistensi raihan penghargaan CSR/PPM yang diterima oleh perusahaan atas implementasi kontribusi positif di lingkungan sekitarnya dan menjalankan prinsip-prinsip praktik bisnis yang berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan.

“Kami secara berkesinambungan mengimplementasikan program-program CSR yang berdampak dan berkelanjutan. Melakukan inovasi-inovasi agar program yang dijalankan dapat memberikan manfaat yang luas dan mendorong kemandirian masyarakat. Dalam kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik," ujar Arief.

PT Berau Coal diketahui juga merupakan salah satu perusahaan yang tahun lalu mendapatkan penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program-program CSR yang dijalankan perusahaan telah mendorong kemajuan dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, PT Berau Coal membangun satu-satunya Politeknik di Kabupaten Berau dan telah mencetak generasi muda di daerah untuk menggapai mimpinya. Dalam pengembangan ekonomi, mendorong UMKM untuk naik kelas, pendampingan dan pengembangan petani, hingga membantu hilirisasi produk UMKM dan pertanian yang dihasilkan. Di bidang infrastruktur juga perusahaan turut mendukung Pemerintah dalam penyediaan fasilitas dasar dan umum khususnya di desa-desa sekitar daerah operasi agar dapat mendorong kemandirian masyarakat.

Baca Juga: Pertamina Balikpapan Sosialisasi Kondisi Darurat dan Penetapan DTT

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya