Hari Ini Bertepatan Sejarah Perlawanan Belanda di Sangasanga  

Mempertahankan kemerdekaan di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Peristiwa Merah Putih, 27 Januari 1947 menjadi tonggak sejarah perlawanan bangsa Indonesia, khususnya di Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia atas ancaman bangsa asing yang ingin menguasai sumber daya alam di Bumi Etam

“Semoga peringatan Peristiwa Merah Putih ini semakin meningkatkan kesadaran untuk menghargai jasa para pahlawan dan meningkatkan semangat juang untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Jumat (27/1/2023).

1. Perjuangan heroik Sangasanga diperingati setiap tahun

Perjuangan heroik para pahlawan Sangasanga diperingati setiap tahun. Memasuki usia ke-76 tahun, setelah 2 tahun lebih dilanda pandemik COVID-19, peristiwa Merah Putih 27 Januari kembali diperingati dengan meriah. Sebagai tanda terima kasih kepada para pejuang Sangasanga yang berhasil mempertahankan daerahnya dari jajahan bangsa asing.

Upacara Peristiwa Merah Putih ke-76, Jum’at, 27 Januari 2023 dilaksanakan di lapangan bola Pertamina Hulu Energi Indonesia Zona 9 Kecamatan Sangasanga. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bertindak selaku inspektur upacara, yang diikuti anggota Forkopimda Kaltim, Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah beserta Forkopimda Kukar, TNI-Polri, veteran, pelajar dan disaksikan ribuan masyarakat Sangasanga.

Baca Juga: Pembangunan IKN Otorita Seiring dengan Perkembangan PPU dan Kukar 

2. Mempertahankan kemerdekaan RI dari penjajah Belanda

Hari Ini Bertepatan Sejarah Perlawanan Belanda di Sangasanga  Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut Wagub Hadi, perjuangan para pahlawan yang merupakan masyarakat Sangasanga dalam upaya mempertahankan kemerdekaan RI dan daerahnya dari penjajah hendaknya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda saat ini dalam mengisi kemerdekaan.

“Rakyat Sangasanga luar biasa perjuangannya. Semoga semangat perjuangan para pahlawan yang Peristiwa Merah Putih Sangasanga menginspirasi generasi muda di Kukar dan Kaltim pada umumnya untuk bisa berbuat dan berkontribusi untuk pembangunan Indonesia,” harapnya.

3. Sangasanga sebagai kota sejarah di Kaltim

Hari Ini Bertepatan Sejarah Perlawanan Belanda di Sangasanga  Dok.IDN Times/Istimewa

Hadi mengatakan, Sangasanga adalah kota sejarah, kota pahlawan dan kota perjuangan yang menginspirasi masyarakat Kukar. Kaltim untuk melewati tantangan kemajuan zaman dan berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia. 

Seusai upacara, tamu kehormatan, undangan, peserta upacara dan masyarakat disuguhkan sajian Operet “Palagan Sangasanga” yang dibawakan oleh putra putri SMK Negeri 1, SMA Negeri 1, dan SMP Negeri 1 Sangasanga tergabung dalam Teater Merah Putih. 

Baca Juga: Merinding! Jasad Bocah di Kukar "Dikembalikan" Buaya ke Tepi Sungai

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya