Pj Gubernur Kaltim Undang Staf Presiden untuk Perkuat Kepemudaan IKN

Pertemuan untuk menggali potensi kolaboratif 

Samarinda, IDN Times - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menggelar pertemuan dengan Staf Khusus Milenial Presiden Billy Mambrasar, dan perwakilan dari tiga kementerian, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Pertemuan ini diadakan untuk menggali potensi kolaboratif, membangun kolaborasi, dan memacu inovasi di daerah yang akan menjadi tuan rumah Ibukota Nusantara (IKN) yang baru.

"Aktivitas ini bertujuan untuk merumuskan ide-ide strategis yang dapat menggerakkan kemajuan bangsa dalam persiapan Indonesia sebagai negara dengan ibu kota baru. Kerjasama dan sinergi dalam mewujudkan gagasan-gagasan inovatif menjadi kunci keberhasilan," ungkap Akmal Malik dilaporkan Antara di Samarinda, Sabtu (23/3/2024).

1. Energi baru dan gagasan segar dari generasi muda

Pj Gubernur Kaltim Undang Staf Presiden untuk Perkuat Kepemudaan IKNIlustrasi pertemanan (unsplash.com/Duy Pham)

Menurutnya, penting untuk membawa energi baru dan gagasan segar dari generasi muda dalam menghadapi tantangan nasional yang kompleks. "Dengan hadirnya IKN di Kalimantan Timur, kami berharap para pemuda dapat memberikan kontribusi yang signifikan," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, diharapkan akan muncul gagasan-gagasan manajemen strategis nasional yang inovatif. Gagasan-gagasan ini akan mendapatkan dukungan penuh berupa modal dan pembinaan bagi generasi muda.

Akmal Malik juga mengajak semua pihak untuk bersiap menghadapi perubahan besar yang akan terjadi. "Mari kita bersama-sama mendukung generasi muda kita agar menjadi pemimpin yang luar biasa di masa depan," tutupnya dengan semangat.

Baca Juga: Persiapan Bandara APT Pranoto Samarinda Sambut Arus Mudik Ramadan

2. Komitmen pemerintah pusat menjadikan Kaltim contoh pembangunan kelanjutan

Pj Gubernur Kaltim Undang Staf Presiden untuk Perkuat Kepemudaan IKNMenteri ATR dan BPN, Agus Yudhoyono ketika pertama kali berkunjung ke IKN, Kalimantan Timur. (www.instagram.com/@agusyudhoyono)

Sementara itu, Staf Khusus Presiden bidang inovasi Billy Mambrasar menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk menjadikan Kalimantan Timur sebagai contoh pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Kalimantan Timur memiliki indeks pembangunan pemuda yang termasuk tiga besar di tingkat nasional, ini membuktikan potensi yang dapat dijadikan contoh bagi provinsi lain," ungkap Billy.

Billy juga menyoroti pentingnya diversifikasi ekonomi di Kalimantan Timur, dengan tidak hanya bergantung pada sektor pertambangan. "Kami ingin melibatkan generasi muda dalam sektor-sektor berkelanjutan seperti pertanian, ekonomi kreatif, dan inovasi," tambahnya.

3. Perwakilan dari tiga kementerian ke Kaltim

Pj Gubernur Kaltim Undang Staf Presiden untuk Perkuat Kepemudaan IKNPenjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik saat meninjau produk olahan pisang grecek Kutai Timur yang akan diekspor ke sejumlah Negara. (Adpim Pemprov Kaltim)

Kehadiran perwakilan dari tiga kementerian ke Kalimantan Timur adalah langkah konkret pemerintah dalam mendorong inovasi dan kreativitas di daerah.

"Dalam konteks pemindahan ibu kota negara ke Nusantara, Kalimantan Timur dapat menjadi penyuplai utama kebutuhan pangan, sehingga tidak perlu bergantung pada daerah lain," tegas Billy.

Baca Juga: Autopsi Tidak Temukan Kekerasan pada Mayat di Kimia Farma Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya