Sudah 122 Orang, Tren Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Terus Bertambah

Angka pasien sembuh terus naik, warga tetap diminta waspada

Samarinda, IDN Times - Pasien positif virus corona atau COVID-19 di Kaltim terus mengalami kesembuhan. Kini totalnya 122 orang sembuh dan trennya terus meningkat. Kabar baik ini tentu membawa dampak positif bagi warga yang selama dua bulan lebih ini diteror pandemik virus corona.

“Alhamdulillah sudah 122 yang sembuh, tapi tetap kita harus tetap waspada,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dikonfirmasi pada Rabu (27/5) pagi.

1. Warga jangan berasumsi sudah aman dari COVID-19, status KLB belum dicabut

Sudah 122 Orang, Tren Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Terus BertambahAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Wajar bila pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini menegaskan demikian, sebab dasarnya virus corona ini belum lenyap. Itu sebab, ia meminta warga tetap menjalankan protokol COVID-19. Misalnya, jaga kesehatan, tetap di rumah bila tak ada yang penting, pakai masker saat berada di luar rumah, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan setelah beraktivitas.

“Warga jangan berasumsi kalau kondisi saat ini sudah aman. Harus waspada sebab status KLB (kejadian luar biasa) belum dicabut,” sebutnya.

Baca Juga: Wali Kota Mengkaji Pendatang Masuk Balikpapan Wajib Tes Swab PCR

2. Pasien sembuh dari virus corona terbanyak berasal dari Balikpapan

Sudah 122 Orang, Tren Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Terus BertambahPetugas mengecek proses swab test yang baru dilakukan dari seorang tenaga medis. IDN Times/Candra Irawan

Meski demikian, dirinya juga berharap warga tetap optimistis menghadapi COVID-19 tak perlu panik sebab lazimnya pandemik pasti hilang hanya tinggal tunggu waktu saja. Termasuk pasien sembuh yakinlah pasti bertambah.

Untuk saat ini, terbanyak pasien sembuh berasal dari Balikpapan yakni 33 orang, menyusul Samarinda 28 pasien sembuh, lalu Kutai Kartanegara 23 orang dinyatakan bebas dari corona, selanjutnya Penajam Paser Utara 11 pasien, kemudian Kutai Timur 9 orang bebas corona, selanjutnya Bontang dengan 6 pasien sembuh, Paser dan Kutai Barat masing-masing 5 orang pasien dan terakhir 2 orang yang dinyatakan sembuh.

“Dari 277 pasien terkonfirmasi positif, sebanyak 122 dinyatakan sembuh. Dengan demikian persentase angka kesembuhan 44 persen,” tuturnya.

3. Total ODP COVID-19 Kaltim nyaris menembus 10 ribu kasus

Sudah 122 Orang, Tren Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Terus BertambahIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Sementara itu untuk situasi COVID-19 hingga saat ini, ada 9.892 orang dalam pemantauan (ODP). Dari jumlah itu sebanyak 9.184 selesai jalani pemantauan, sehingga tersisa 708 ODP yang dalam pemantauan.

Lalu pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya ada 768 orang. Dari ratusan PDP ini sebanyak 277 dinyatakan positif COVID-19, kemudian 416 di antaranya negatif corona dan 305 masih menunggu hasil laboratorium.

“Peningkatan kasus COVID-19 memang cenderung turun beberapa terakhir. Mudah-mudahan semua pasien cepat sembuh dan bisa bertemu keluarga. Tapi untuk sementara warga harus tetap waspada,” pungkasnya.

Baca Juga: Nyaris Menembus 50 Ribu Jiwa, Warga yang Terdampak Banjir di Samarinda

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya