5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!

Menggabungkan kreativitas dengan kehidupan tanaman dan ikan

Kamu pasti sudah menyadari akan pentingnya keberlanjutan dan efisiensi dalam pertanian. Salah satu yang menjadi perhatian adalah praktik aquaponik yang telah muncul sebagai alternatif yang menarik. Aquaponik adalah sebuah sistem inovatif yang menggabungkan budidaya ikan dan tanaman dalam lingkungan yang saling mendukung.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima fakta menarik tentang aquaponik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Dari hubungan simbiosis antara ikan dan tanaman hingga manfaatnya terhadap lingkungan. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai praktik pertanian yang cerdas ini.

1. Hubungan simbiosis yang ajaib

5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!Ilustrasi hubungan simbiosis antara ikan dan tanaman (instagram.com/berawaldariember)

Salah satu aspek paling menarik dari aquaponik adalah hubungan simbiosis yang terjalin antara ikan dan tanaman. Di dalam sistem aquaponik, ikan menghasilkan limbah berupa ammonia. Namun, ini bukan masalah, karena bakteri-bakteri baik yang hidup di dalam tanah tanaman mengubah ammonia menjadi nitrat yang bermanfaat sebagai pupuk.

Tanaman kemudian menyerap nitrat ini untuk tumbuh dengan lebih baik, dan seiring proses ini, air yang sudah bersih kembali ke lingkungan ikan. Ini adalah contoh sempurna bagaimana alam memberikan pelajaran tentang kerja sama yang harmonis.

2. Efisiensi penggunaan air

5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!Sistem ini menggunakan sekitar 90% lebih sedikit air dibandingkan pertanian tradisional (instagram.com/komunitaspencintakoi)

Salah satu tantangan dalam pertanian konvensional adalah penggunaan air yang besar. Namun, dalam aquaponik, efisiensi penggunaan air menjadi salah satu keuntungan utama. Sistem ini menggunakan sekitar 90% lebih sedikit air dibandingkan pertanian tradisional.

Hal ini terjadi karena air yang digunakan untuk ikan juga berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman. Dalam lingkungan tertutup, air hanya perlu ditambahkan untuk menggantikan yang menguap atau diserap oleh tanaman, menciptakan siklus air yang sangat efisien.

Baca Juga: 13 Aktor Mirip Tokoh Sejarah Dunia yang Mereka Perankan di Film

3. Pertumbuhan tanaman yang lebih cepat

5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!nutrisi yang lebih mudah diserap oleh tanaman dari air yang sudah mengandung nitrat membuat tanaman jadi cepat tumbuh (instagram.com/helga_angelina)

Tanaman yang ditanam dalam sistem aquaponik cenderung tumbuh lebih cepat daripada dalam pertanian konvensional. Ini disebabkan oleh nutrisi yang lebih mudah diserap oleh tanaman dari air yang sudah mengandung nitrat yang mudah tersedia.

Selain itu, lingkungan yang stabil dan bebas dari hama tanah membantu dalam pertumbuhan yang lebih sehat dan cepat.

4. Ramah lingkungan

5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!Ilustrasi aquaponik ramah lingkungan (instagram.com/sascha_hoyer_aqua_artist)

Praktik aquaponik secara inheren ramah lingkungan. Penggunaan pestisida dan herbisida dapat dikurangi secara drastis atau bahkan dihilangkan sepenuhnya karena lingkungan yang terkendali dan bebas hama.

Selain itu, karena sistem ini menghemat air, tekanan terhadap sumber daya air berkurang. Dalam sebuah dunia yang semakin prihatin akan perubahan iklim dan keberlanjutan, aquaponik adalah langkah menuju pertanian yang lebih bertanggung jawab.

5. Diversifikasi hasil pertanian

5 Fakta Menarik tentang Aquaponik, Bisa Dicoba di Rumah Nih!Ilustrasi diversifikasi hasil pertanian (instagram.com/baukulturnrw)

Sistem aquaponik memungkinkan untuk diversifikasi hasil pertanian dengan cara yang tidak mungkin dalam pertanian tradisional. Selain memanen ikan, kita juga bisa memanen beragam jenis tanaman, mulai dari sayuran hijau hingga tanaman buah-buahan. Ini memberikan peluang bagi petani untuk menciptakan kombinasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pasar dan lingkungan.

Aquaponik adalah contoh gemilang bagaimana inovasi dapat mengubah wajah pertanian. Dengan memadukan budidaya ikan dan tanaman dalam lingkungan yang cerdas dan terpadu, aquaponik membawa sejumlah manfaat, mulai dari efisiensi air hingga pertumbuhan tanaman yang lebih baik. Selain itu, sistem ini memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan dapat menjadi alternatif yang menjanjikan dalam menghadapi tantangan pertanian di masa depan.

Dengan semakin banyaknya perhatian terhadap keberlanjutan, aquaponik bisa menjadi solusi yang berkelanjutan dalam menyediakan makanan bagi populasi dunia yang terus bertambah.

Baca Juga: 13 Tokoh Ilmuan Fisika dan Matematika yang Muncul di Film Oppenheimer

Ari Nofal Alatas Photo Community Writer Ari Nofal Alatas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya