Comscore Tracker

Kolang-kaling, Nikmat dan Sehat Untuk Buka Puasa

Duh, jadi kebayang nikmatnya es buah pakai kolang-kaling

Balikpapan , IDN Times - Apa minuman favoritmu untuk berbuka puasa? Kalau kamu suka es buah atau es teler pasti kamu temukan kolang-kaling di minuman favoritmu itu. Selain nikmat untuk campuran es, buah ini juga bisa dijadikan manisan yang lezat.

Kolang-kaling, buah kenyal berwarna putih ini biasanya banyak tersedia saat bulan Ramadan. Di Balikpapan, kolang-kaling bisa ditemukan di kawasan pasar tradisional seperti Pasar Klandasan dan Pasar Pandansari, Balikpapan Barat.

Baca Juga: 5 Resep Es Campur yang Enak dan Segar, Cocok untuk Menu Takjil

1. Dicari warga untuk campuran es buah

Kolang-kaling, Nikmat dan Sehat Untuk Buka PuasaIDN Times/ M. Idris

Pada saat Ramadan, buah kolang-kaling adalah salah satu buah yang sering dicari masyarakat sebagai campuran es, untuk takjil berbuka puasa. 

Seorang  pedagang  buah kolang-kaling di Pasar Tradisional Klandasan, Rustam, mengatakan bahwa setiap hari dirinya mampu menjual 50 kilogram kolang-kaling dengan harga per kilogram Rp25 ribu.

"Biasanya penjualan ramai di awal-awal bulan puasa, dan itu terjadi setiap tahun" ungkapnya.

Setiap Ramadan, Rustam memasok sebanyak 10 karung, setiap karung terdapat 50 kilogram kolang-kaling. Menurutnya, kolang-kaling sebanyak 500 kilogram ini dipastikan habis terjual seminggu sebelum lebaran.

2. Kolang-kaling Surabaya disukai masyarakat

Kolang-kaling, Nikmat dan Sehat Untuk Buka PuasaIDN Times/ M. Idris

Kolang-kaling ini didatangkan dari Surabaya. Kelebihannya, daging buahnya besar, tidak keras, dan berwarna putih. Berbeda  dengan buah kolang-kaling dari daerah lain seperti Banjarmasin 

Meskipun harganya lebih mahal, Rustam tetap menyediakan kolang-kaling asal Surabaya ini. "Masyarakat lebih menyukai kolang-kaling asal Surabaya, buahnya besar dan empuk serta bersih" jelasnya.

Sudah 5 tahun ini Rustam berjualan kolang-kaling setiap Ramadan. Selain kolang-kaling Rustam juga menjual cincau hitam yang juga lezat untuk campuran es buah.

3. Kolang-kaling nikmat dan bermanfaat buat kesehatanmu

Kolang-kaling, Nikmat dan Sehat Untuk Buka PuasaIDN Times/ M. Idris

Kolang-kaling punya banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini kaya mineral seperti : kalium, kalsium, fosfor, dan potasium. Juga mengandung vitamin A, B, dan C. 

Buah ini punya banyak serat jadi baik untuk pencernaanmu. Kaya air sehingga mampu mencegah dehidrasi. Kalsium membuat tulang dan gigimu lebih sehat. Kolang-kaling juga diyakini baik untuk penderita radang sendi dan diabetes. Buat kamu yang pengen terlihat segar, buah ini bagus untuk keremajaan kulit dan bahkan diyakini bisa membantu menurunkan berat badan. 

Selain itu kolang-kaling juga sehat untuk jantung, metabolisme tubuh, dan mencegah anemia.

Buah ini sehat, kaya manfaat dan yang penting yummy banget!

Laporan Kontributor IDN Times M. Idris

Baca Juga: Menjalankan Puasa di Jepang? 8 Street Food Ini Cocok Jadi Takjil

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya