Comscore Tracker

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial 

Kelezatan dari telur gabus keju sukses bikin jatuh hati

Samarinda, IDN Times - Salah satu ciri khas dari telur gabus keju adalah cita rasa gurih dengan tekstur renyah namun empuk. Biasanya camilan gurih ini jadi favorit ketika lebaran Idul Fitri, sehingga sering kali disandingkan sebagai pelengkap kue kering.

Sekarang ini, gak perlu menunggu hingga datang lebaran deh. Sebab, kamu pun dapat mulai membuat resep camilan ini sendiri tuh. Kalian hanya perlu menyiapkan, tepung tapioka, mentega, telur, dan keju kamu sudah bisa membuat telur gabus keju seperti resep berikut ini. Check it out!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat telur gabus keju

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial ilustrasi telur untuk membuat adonan telur gabus keju (vecteezy.com/wolfhound911)

Bahan utama:

  • 500 gram tepung tapioka
  • 5 butir telur
  • 200 gram keju
  • 100 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Baca Juga: Yuk Nongki di Goffe Samarinda, Rekomendasi Bubuhan Kota Tepian

2. Parut keju sampai selesai

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial ilustrasi memarut keju (vecteezy.com/pairhandmade)

Sebelum membuat adonan, terlebih dulu untuk menyiapkan bahan adonan. Salah satunya dengan memarut keju serta melelehkan margarin. Siapkan keju kemudian lakukan proses memarut menggunakan alat parut khusus untuk keju.

Selanjutnya, untuk tahap melelehkan margarin pertama-tama siapkan panci atau wajan di atas kompor. Panaskan di atas kompor api dengan nyala sedang, lalu lelehkan margarin sambil sesekali diaduk.

Bila margarin sudah meleleh matikan api, sisihkan.

3. Tuangkan minyak ke dalam wajan

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial ilustrasi menuangkan minyak ke dalam wajan (freepik.com/DCStudio)

Untuk membuat adonan campurkan tepung tapioka, telur, keju parut, garam, kaldu bubuk, dan margarin leleh ke dalam wadah. Lalu, aduk rata campuran adonan tersebut dengan spatula kemudian lanjut ulen menggunakan tangan sampai kalis.

Setelah dirasa sudah kalis, hentikan proses menguleni, lalu lanjut untuk tahap membentuk adonan. Ambil sedikit adonan kemudian pilin dengan kedua tangan, taruh ke dalam wajan berisi minyak dingin dan lakukan sampai adonan habis.

4. Goreng adonan telur gabus keju sampai matang

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial ilustrasi menggoreng adonan telur gabus keju (vecteezy.com/sunta_001624940)

Setelah adonan selesai dibentuk kemudian letakkan wajan di atas kompor untuk tahap penggorengan. Goreng adonan di api sedang dan biarkan adonan mengembang.

Nah, bila adonan telah mengembang  balikkan sekali adonan supaya matang merata. Lakukan proses menggoreng sampai adonan matang kuning kecokelatan.

5. Telur gabus keju siap untuk disajikan

Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Acara Spesial telur gabus keju (yummy.co.id/Re Milik)

Apabila adonan telah matang kamu bisa segera mengangkat dan meniriskan telur gabus keju agar tidak gosong. Tiriskan telur gabus keju sampai dingin hingga siap buat dinikmati.

Untuk lanjut menggoreng adonan berikutnya disarankan digoreng dalam keadaan minyak dingin. Hal ini, supaya adonan telur gabus keju tidak rusak dan teksturnya tetap renyah serta empuk.

Kalau kamu penasaran seperti apa cara membuat telur gabus keju sebagai camilan di rumah. Resep telur gabus keju seperti di atas bisa menjadi ide yang dapat kamu jadikan pilihan, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: Liburan Seru ke Samarinda, dari Lampion hingga Desa Budaya Pampang

Amir Rosadi Photo Community Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya