Comscore Tracker

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat 

Paduan singkong yang lembut dengan kaldu yang penuh rasa 

Balikpapan, IDN Times - Sup merupakan hidangan yang sering kali disiapkan sebagai sajian menu makan siang yang lezat di rumah. Kuahnya yang ringan dan rasanya yang nikmat menjadikan sup menu favorit untuk mengisi perut yang telah lama keroncongan. 

Sup biasanya diolah dengan campuran sayuran dan ragam daging-dagingan seperti sapi dan ayam yang dimasak dengan kuah bening yang memiliki rasa kaldu yang khas.

Buat kamu yang ingin mencoba varian baru dalam memasak sup, kamu bisa coba salah satu olahan sup khas dari Balikpapan yaitu sup ceker singkong. Tekstur singkong yang lembut dengan paduan kuah kaldu yang penuh cita rasa dijamin bisa membuat hari kalian lebih istimewa.

Penasaran cara membuatnya? Yuk, simak artikel di bawah!

1. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan 

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat ilustrasi persiapan bahan (unsplash.com/@ratulghoshr)

Bahan utama:

  • 1 kg singkong
  • 1/2 kg ceker ayam (boleh ditambah daging ayam)

Bahan tumis:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 1 ruas jahe

Bahan kaldu:

  • 1 liter air
  • Bahan tumis
  • Garam (sesuaikan rasa)
  • Kaldu ayam bubuk (sesuaikan rasa)

Bahan pelengkap:

  • Bihun
  • Bawang goreng
  • Sambal
  • Jeruk nipis

Baca Juga: 9 Kosakata Unik Masyarakat di Balikpapan, Ada Sekek dan Kompek!

2. Kupas dan rebus singkong hingga empuk

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat ilustrasi membersihkan singkong dan ceker (youtube.com/LestariPutri)

Langkah awal, masak singkong yang sudah kamu kupas, potong-potong, dan cuci bersih. Setelah itu, rebus potongan singkong ke dalam panci berisi air mendidih hingga empuk dan matang sempurna.

Setelah siap, kamu meniriskan rebusan singkong.

3. Siapkan bahan tumis

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat ilustrasi menumis bumbu halus (youtube.com/LestariPutri)

Sambil menunggu singkong matang, kamu bisa mulai siapkan bahan-bahan yang perlu ditumis seperti bawang merah dan bawang putih yang sudah kamu ulek halus. Tumis hingga bahan harum dan berubah warna kuning kecokelatan. 

Matikan api dalam kompor sambil mempersiapkan bahan lainnya.

4. Rebus ceker dan daging ayam, lalu tambahkan bahan tumis

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat ilustrasi menambahkan bumbu halus ke panci (youtube.com/LestariPutri)

Setelah singkong matang, tambahkan 1 liter air ke dalam air bekas rebusan singkong lalu masukkan ceker dan daging ayam bersama dengan bahan tumis yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Masak hingga mendidih menggunakan api besar agar ceker dan daging ayam masak dengan sempurna.

5. Tambahkan singkong kemudian koreksi rasa

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat ilustrasi merebus singkong dan ceker (youtube.com/LestariPutri)

Langkah berikutnya, setelah kuah sup telah mendidih, masukkan singkong yang telah matang kemudian aduk perlahan agar singkong tidak hancur. Jangan lupa untuk menambahkan penyedap berupa garam dan kaldu ayam bubuk. Koreksi rasa supnya sesuai selera masing-masing. 

6. Sajikan sup singkong dengan bahan pelengkap

Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat sajian sup singkong khas balikpapan (youtube.com/LestariPutri)

Sup singkong sudah siap disantap, deh! Kamu bisa sajikan sup ceker singkong ini bersama nasi putih hangat atau bihun untuk menemani waktu berbuka kamu sore nanti. Jangan lupa untuk memberi taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis di atasnya, ya!

Jangan lupa sambal pedas agar makin terasa kelezatannya. Silakan dicoba menu sup ceker singkong yang sederhana tetapi kelezatannya tiada tara lho.

Baca Juga: Travel ke Balikpapan? Worth it Gak sih?

Gusti Andrean Surya Pratama Photo Community Writer Gusti Andrean Surya Pratama

Tumbuh, tumbuh, terus bertumbuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya