Comscore Tracker

Mencegah Virus Corona, Pertamina Kalimantan Beri Bantuan Rp250 Juta 

Penyemprotan disinfektan di rumah ibadah juga sekolah

Balikpapan, IDN Times – Demi memutus rantai penyebaran virus corona, Pertamina Kalimantan menggelontorkan dana sebesar Rp250 juta. Duit sebanyak itu bakal digunakan untuk penyemprotan disinfektan di Samarinda dan Balikpapan.

“Tak hanya itu, anggaran ini juga dipakai membeli perlengkapan kebersihan, hand sanitizer, masker dan vitamin yang kemudian diserahkan ke warga,” ujar Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza dalam keterangan persnya yang diterima IDN Times pada Kamis (26/3).

1. Samarinda dan Balikpapan bakal kebagian 625 paket perlengkapan kebersihan

Mencegah Virus Corona, Pertamina Kalimantan Beri Bantuan Rp250 Juta Pegawai pertamina saat menempel stiker cuci tangan yang baik di tandon air rumah warga (Dok. Pertamina)

Lebih lanjut, dia menerangkan, penyemprotan di Balikpapan menargetkan 15 fasilitas umum (fasum). Kegiatan itu nantinya dirangkai dengan pemberian paket perlengkapan seperti masker, hand sanitizer dan vitamin sebanyak 375 paket. Sedangkan Samarinda, kata Roberth, penyemprotan disinfektan dilakukan di 10 fasilitas umum yang juga disertai pemberian 250 paket perlengkapan.

“Distribusinya nanti bertahap. Kegiatan ini merupakan kepedulian dan komitmen PT Pertamina Kalimantan membantu pemerintah memerangi COVID-19,” katanya lalu menambahkan, “Kami juga mengimbau masyarakat bersama-sama membantu pemerintah dengan menerapkan social/ physical distancing.”

2. Penyemprotan tak hanya di rumah ibadah, tapi juga sekolah

Mencegah Virus Corona, Pertamina Kalimantan Beri Bantuan Rp250 Juta CSR Pertamina lawan virus corona (Dok. Pertamina)

Tak hanya itu, khusus penyemprotan pihaknya juga akan menggandeng Rumah Zakat untuk penyemprotan disinfektan di sejumlah masjid.

“Selain rumah ibadah, sejumlah fasilitas umum lainnya seperti sekolah di Balikpapan juga akan disemprot disinfektan,” terangnya. 

3. Agenda serupa bakal dilakukan di sejumlah kota lain di Kalimantan

Mencegah Virus Corona, Pertamina Kalimantan Beri Bantuan Rp250 Juta Petugas Pertamina memberikan paket kebersihan di Balikpapan (Dok. Pertamina)

Dia menambahkan, selain penyemprotan disinfektan, Pertamina Kalimantan juga akan menyosialisasikan cara mencuci tangan baik dan benar. Agenda tersebut bakal diakhiri dengan penempelan stiker serta pembagian cairan pembersih tangan, masker dan vitamin kepada pengurus rumah ibadah.

“Peran masyarakat menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) sangat efektif mencegah penyebaran virus corona ini, termasuk social/physical distancing,” jelasnya.

Roberth menambahkan, kegiatan ini tak hanya di Samarinda dan Balikpapan tapi juga sejumlah kota lain di Kalimantan. “Ini adalah program BUMN lawan corona,” pungkasnya.

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya