Comscore Tracker

Seram! Empat Lokasi Dianggap Angker di Bontang 

Lokasi tempat angker di khas Kalimantan

Bontang, IDN Times - Di berbagai daerah di seluruh penjuru nusantara pasti memiliki cerita dan tempat-tempat yang dianggap angker dan memiliki aura mistis yang kuat. Tak terkecuali salah satu kota yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu Bontang berada di wilayah pesisir launya. 

Seperti tempat angker di Bontang berikut ini yang akan kami bahas satu per satu sebagai berikut. 

1. Sappa Lemase

Seram! Empat Lokasi Dianggap Angker di Bontang Udang mantis dengan warnanya yang mencolok. (aquariumbreeder.com)

Sappa Lemase merupakan tempat angker di Bontang yang lokasinya berjarak 1 kilometer dari Bontang Kuala. Di tempat ini terdapat sebuah lubang besar yang berukuran sekitar 1 meter.

Menurut cerita masyarakat sekitar dengan para nelayan di Bontang, pemilik dari lubang besar tersebut adalah seekor udang mantis yang disebut sebagai kamun yang besarnya lebih dari dua meter.

Padahal kamun atau udang yang normalnya kita temui hanya sepanjang  30 centimeter. Penemuan liang atau lubang ini diceritakan oleh seorang nelayan Bontang Kuala yang melakukan penyelaman di Sappa Lemase dan sampai sekarang ini belum ada yang membuktikan kebenaran tentang lokasi lubang tersebut dengan gambar maupun foto.

Baca Juga: Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat Mahulu

2. Beras Basah

Tempat angker di Bontang yang kedua ini adalah Beras Basah yang merupakan sebuah pulau dengan cerita mistis di bawah lautnya. Menurut cerita masyarakat, di bawah lautnya terdapat ikan pending atau ikan hiu pari di mana para nelayan yang sedang melaut di sana sering melihat pendong tersebut di perairan sekitar beras basah.

Yang berbeda dari ikan pendong ini adalah ukurannya yang bahkan lebih besar dari kapal milik nelayan itu. Panjangnya sekitar tujuh sampai delapan meter.

Selain terdapat pendong raksasa, juga ada pengeluan raksasa atau barakuda raksasa yang sangat besar berukuran 75 centimeter. Membayangkannya saja sudah merinding ya.

3. Pulau Kedindingan

Seram! Empat Lokasi Dianggap Angker di Bontang Ilustrasi Ular Piton, ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Selanjutnya adalah Pulau Kedindingan yang memang sudah dikenal dari dahulu sebagai daerah angker. Di mana dahulu kala pernah ada manusia yang berpenghuni di pulau tersebut, namun sering diganggu oleh makhluk halus di tempat tersebut, hingga akhirnya tidak ada lagi yang tinggal di sekitar Pulau Kedindingan apalagi untuk membangun rumah di sana.

Layaknya kota mati yang tidak berpenghuni, konon masyarakat mengatakan bahwa ada penunggu di Pulau Kedindingan yaitu seekor ular besar. Tidak sedikit masyarakat yang sudah melihat keberadaan naga di pulau ini.

Warga mengatakan bahwa ularnya sangat besar berdiameter lebih dari 50 centimeter dengan panjang tujuh meter, serta kulitnya merah menyala dan memiliki kumis di atas kepalanya.

4. Tobok Bontang

Seram! Empat Lokasi Dianggap Angker di Bontang Ilustrasi pulau kosong.

Sampai ke tempat angker di Bontang terakhir ada Tabok Bontang yang masyarakat bilang bahwa tempat ini dihuni oleh jin yang baik. Jadi, jika masyarakat memiliki keinginan yang sulit untuk dicapai, maka masyarakat akan datang ke wilayah Tobok Bontang ini mulai dari pagi hari hingga sore hari.

Biasanya mereka ini akan berdoa di sekitar Tobok Bontang kepada sang pencipta agar keinginan mereka bisa dimudahkan segera tercapai. Selain berdoa, apabila keinginan mereka sudah berhasil dilalui, maka ia akan kembali lagi ke Tobok Bontang.

Contohnya ada seorang gadis yang masih belum menemukan jodohnya, maka biasanya mereka akan datang ke Tobok Bontang bersama keluarga menggunakan perahu, dan si wanita tersebut akan dimandikan oleh keluarganya menggunakan air yang diambil dari sekitar Tobok Bontang agar segera ditemukan oleh jodohnya.

Terlepas dari benar atau tidak sudah masih menjadi mitos di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahu

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya