Comscore Tracker

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu Coba

Begitu pandemi mereda, cus liburan ke Malaysia!

Sudah bukan rahasia lagi jika Malaysia menjadi salah satu negara yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang Indonesia. Tak hanya untuk jalan-jalan, Malaysia sudah menjadi negara tujuan untuk bekerja, berobat, sampai dengan menempuh studi.

Makanan-makanan di Malaysia pun juga bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Jadi, tak heran jika orang-orang Indonesia merasa nyaman berkunjung ke Malaysia dan tak jarang banyak warga Indonesia yang menetap di sana.

Jika mengunjungi negeri jiran, jangan sampai lupa dengan makanan khas negara tersebut. Ini dia beberapa rekomendasi jajanan khas ala Malaysia. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Cekodok

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu Cobacekodok (instagram.com/jun.and.tonic)

Jajanan ala Malaysia yang satu ini hampir mirip dengan kue cucur Indonesia. Bedanya cekodok terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan buah pisang yang dilumatkan lalu digoreng. 

Cekodok berbentuk bulat dan tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi. Tak hanya manis, cekodok juga punya berbagai varian asin lo seperti udang, bawang, jagung, hingga ikan.

Jajanan khas Malaysia yang satu ini bisa jadi salah satu teman ngopimu, lho.

2. Dodol Malaysia

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu CobaDodol Malaysia (Instagram.com/Reddit)

Siapa bilang dodol hanya bisa ditemukan di Indonesia? Malaysia juga punya lho!

Malaysia mengklaim dodol sebagai salah satu makanan khasnya. Dodol Malaysia umumnya berbentuk piramida mini, berbeda dengan dodol Indonesia yang kebanyakan berbetuk memanjang seperti jari.

Keunikanya lagi Dodol Malaysia terletak pada rasanya. Dodol dari negeri jiran ini umumnya menggunakan rasa kelapa dan durian sehingga rasanya tetap berbeda dengan dodol yang biasa dijual di Indonesia. Dodol Malaysia juga bisa bertahan hingga satu minggu lho! jadi cocok nih untuk oleh-oleh saat pulang ke tanah air.

Baca Juga: Enam Rekomendasi Tempat Ngopi Super Asyik di Balikpapan

3. Apam Balik

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu CobaApam Balik (Instagram.com/thewayofkueh)

Makanan tradisional ala Malaysia yang satu ini memiliki kesamaan dengan makanan khas Indonesia, kalau Indonesia punya martabak manis Malaysia punya apam balik. Adonan kue yang satu ini memiliki tekstur lembut, tebal dan akan bolong-bolong saat dipanggang.

Bahan-bahan pembuatanya pun hampir sama dengan martabak manis yaitu dengan campuran terigu, susu cair, baking powder, telur, garam, dan gula. Cara membuatnya pun juga cukup mudah, yakni kamu hanya membutuhkan teflon anti lengket yang ditambahkan sedikit minyak. Setelah itu, kamu tinggal menuangkan adonan tersebut di atas teflon hingga matang untuk setelahnya kamu bisa tambahkan isian sesuai dengan selera.

4. Popiah

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu CobaPopiah (Instagram.com/mealsonaplane)

Sekilas mirip lumpia khas Semarang, tapi ini namanya popiah. Beda dengan lumpia dalam negeri, popiah yang satu ini dibungkus kulit gandum yang biasanya diisi sayur-sayuran seperti taoge, bawang goreng, lobak yang telah dihaluskan, tahu, dan telur.

Bedanya lagi Popiah khas Malaysia yang satu ini bisa langsung dimakan tanpa perlu digoreng terlebih dahulu, sehingga dinamakan spring rolls. Popiah Makin lezat dinikmati dengan saus kacang atau pun saos sambal.

5. Kuih Kapit

5 Jajanan Khas Malaysia yang Bikin Ngiler, Wajib Kamu CobaKuih Kapit (Instagram.com/sweetandyummie)

Buat kamu pecinta jajanan crunch pasti suka dengan makanan khas yang satu ini, kuih kapit namanya jajanan khas ala Malaysia yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan padat.

Pembuatanya pun juga cukup mudah kalian cukup menyiapkan bahan-bahannya seperti tepung beras,telur, santan, dan gula. Campurkan semua bahan tersebut lalu tuangkan ke teflon yang sudah panas, ratakan di atas teflon sampai tipis, kalau sudah lipat menjadi beberapa lipatan dan kuih kapit pun siap di sajikan. Mudah bukan pembuatan jajanan khas yang satu ini?

Itu dia beberapa Rekomendasi jajanan khas Negara Malaysia yang bisa kamu cobain saat berkunjung ke sana, ataupun bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga ataupun kerabat di rumah.

Selamat mencoba ya bun. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Super Cozy di Samarinda

Dimas Hutama Photo Community Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya