Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!

Meski pendapatan meningkat tapi pengeluaran harus dikontrol

Samarinda, IDN Times - Siapa yang tidak senang ketika pendapatan mengalami peningkatan? Sudah tentu rasa bahagia menyelimuti. Apalagi saat buka platform belanja online atau melihat barang yang selama ini diinginkan. Rasa gatal ingin belanja datang menyelimuti. Tetapi awas guys, stay calm lho. 

Jika dibiarkan, gaya hidup seperti ini bisa menguras keuangan. Walaupun pendapatan meningkat tetapi pengeluaran bisa membengkak lebih besar. Agar kondisi demikian tidak terjadi, lima hal ini harus kamu ingat ketika pendapatan meningkat. Nah, check it out!

1. Pendapatan boleh meningkat, tapi pengeluaran tetap harus dikontrol 

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pendapatan yang meningkat bisa bikin gelap mata. Merasa punya banyak uang, kamu tidak bisa lagi berhemat. Apa yang diinginkan saat itu juga dibeli. Entah nanti akan bermanfaat atau tidak dipikir belakangan.

Tapi konsep seperti ini tidak seharusnya diterapkan. Pendapatan boleh saja mengalami peningkatan. Tapi yang namanya pengeluaran tetap harus dikontrol. Jika terus menuruti keinginan, pengeluaran pasti membengkak tidak terkendali.

Baca Juga: 5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

2. Jangan membeli barang hanya karena keinginan sesaat 

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memiliki pendapatan berlebih pasti menyenangkan. Tapi sayangnya, tidak semua orang mampu mengelola pengeluaran dengan cermat. Seringnya pendapatan meningkat turut diiringi dengan kebiasaan shopping di luar batas wajar.

Sebelum melakukan itu, hal ini patut direnungkan kembali. Pendapatan meningkat bukan berarti bebas memborong belanjaan. Membeli barang yang tidak diperlukan sama saja menghambur-hamburkan uang.

3. Hindari menghamburkan uang untuk berfoya-foya 

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!ilustrasi memegang uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memiliki banyak uang, kita cenderung bebas menuruti keinginan. Mau memborong barang belanjaan bisa. Menjalani gaya hidup penuh kemewahan juga memungkinkan. Tapi apakah kamu mau menjalani hal tersebut?

Alangkah baiknya hal ini direnungkan kembali. Walaupun memiliki pendapatan tinggi, tapi berfoya-foya bukan perilaku yang baik. Hidup seperti roda yang berputar. Di saat kondisi berlebih pun sebaiknya tidak lupa diri.

4. Pendapatan meningkat bukan berarti harus hidup mewah 

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kemewahan sering jadi dambaan banyak orang. Apalagi saat mengalami peningkatan pendapatan. Membeli barang-barang branded seolah jadi tujuan utama. Belum aktivitas lain yang bisa menguras keuangan.

Jika kamu sering seperti itu, alangkah baiknya ini diingat baik-baik. Pendapatan meningkat bukan berarti harus hidup mewah. Gunakan uangmu dengan bijak. Tetap jadi orang bersahaja tanpa menghambur-hamburkan apa yang kamu miliki.

5. Kelola keuangan dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari 

5 Hal yang Harus Diingat saat Pendapatan Meningkat, Stay Calm!ilustrasi memegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Yang namanya penyesalan pasti datang belakangan. Tidak terkecuali dalam hal keuangan. Banyak orang yang kalap menghambur-hamburkan uangnya sehingga menyesal di kemudian hari.

Ini pelajaran berharga yang patut diresapi. Walaupun pendapatan kamu lebih banyak dari sebelumnya, tapi keuangan tetap harus dikelola dengan cermat. Bagaimanapun juga, caramu mengatur keuangan sekarang mempengaruhi kondisi finansial nanti.

Saat pendapatan meningkat, kebanyakan orang pengeluarannya juga turut meningkat. Entah bergaya hidup mewah atau memborong banyak belanjaan. Jika kamu masih sering seperti ini, perbaiki kembali caramu mengelola keuangan. Silakan mencoba guys.

Baca Juga: Resep Soto di Tepian Mahakam Samarinda yang Rasanya Maknyus Pakai Tebu

Mutia Zahra Photo Community Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya